Arti Hijab Menurut Islam

Hijab adalah salah satu upaya Islam menghormati dan memuliakan kaum wanita musliman. Al-hijab berasal dari kata hajaban yang artinya menutupi, dengan kata lain al-hijab adalah benda yang menutupi sesuatu, menurut al-jarjani dalam kiitabnya at-tari’fat mendefinisikan al-hijab adalah setiap sesuatu yang terhalang dari pencarian kita, dalam arti bahasa berarti man’u yaitu mencegah, contohnya: mencegah diri kita dari penglihatan orang lain. dari berbagai perngertian bahasa yang diatas maka kita bisa mengambil kesimpulan seperti apa yang di katakana oleh al-zabidah dalam kitabnya taj al-‘urus bahwa yang dimaksud dengan al-hijab adalah segala sesuatu yang menghalangi penglihatan kita terhadap orang lain. contohnya, ketika ada dua orang yang sedang berbicara, tetapi ditengah-tengah mereka terdapat tembok yang besar itu, mengakibatkan kedua orang itu tidak melihat satu sama lain. nah tembok inilah yang dinamakan al-hijab.

Sedangkan menurut istilah syara’, al-hijab adalah suatu tabir yang menutupi semua anggota badan wanita, kecuali wajah dan kedua telapak tangan dari penglihatan orang lain. dalam agama kita yaitu islam, hal ini bertujuan untuk menghadiri fitnah diantara dua jenis manusia yang berbeda, yaitu pria dan wanita., dikarenakan dari ujung rambut hingga ujung kaki bagi wanita, semua merupakan aurat yang harus ditutupi, kecuali telapk tangan dan wajah tentunya. Sedangkah bagi kaum pria bertujuan agar bisa ghadul basher atau menundukan pandakan, selain itu juga dapat mencegah dari perbuatan berkhalawat atau berdua-duaan ditempat sepi anatara lawan jenis, dan lain sebagainya yang bertujuan untuk menghindari berbagai bentuk maksiat yang dibisikan syeitan melalui pendengaran kita. Karena syeitan akan terus menggoda hingga orang yang dituju syeitan itu bisa mengikuti perintah dan syeitan.

Menjaga kehormatan dan harga diri manusia khususnya kehormatan wanita adalah suatu asas yang telah diterima dalam agama islam serta dalam seluruh aturan-aturan dan hukum-hukumnya. Dan masalah hijab adalah merupakan salah satu dari eprkara tersebut. Al-qur’an karim telah menjelaskan berbagai topic hijab dalam bberbagai bentuk, gambaran, dan ibarat yang berbeda-beda, oleh karena itu, hijab dipandang sebagai salah satu kewajiban dalam agama islam dan apabila seseorang mengingkari maka dia telah mengingkari satu hukum yang telah diwajibkan dalam agama dan mengingkari kewajiban agama berarti terjerumus di dalam kekhafiran.

Leave a Reply