Kewajiban Para Wanita Muslimah Untuk Menutup Aurat

Aurat adalah bagian-bagian tubuh yang tidak boleh dilihat oleh orang lain selain muhrimnya. Akhir-akhir ini banyak sekali kita jumpai kaum muslimah, baik remaja dewasa mengenakan pakaian muslimah dengan berbagai warna, corak dan model. Jika kita cermati, tidak semua kaum muslim memiliki pandangan yang jelas tentang pakaian muslimah. Faktanya, banyak wanita yang mengenakan kerudung hanya menutupi rambut saja, sedangkan leher dan sebagainya lengan masih tampak.

Ada juga yang berkerudung tetapi tetap memakai busana yang ketat, misalnya, sehingga lekuk tubuhnya tampak. Yang lebih menyedihkan adalah ada sebagaian kalangan yang masih ragu terhadap pensyariatan islam pakaian muslimah ini. Disamping itu masih banyak juga yang memahami secara kerudung dna jilbab. Tidak sedikit yang menganggap bahwa jilbab adalah kerudung dan sebaiknya dan sebaliknya. Padahal, jilbab dan kerudung adalah dua perkara yang berbeda.

Islam sangat memuliakan kedudukan para wanita. Aturan-aturan dalam islam pun melindungi perempuan, salah satunya adalah aturan untuk menutu aurat dengan sempurna. Ibarat sebuah barang yang ebrharga maka akan diperlakukan secara khusu oleh pemiliknya, antara lain dengan cara dikemas, dipak, dilapisi, dibungkus sedemikian rupa untuk menjaga agar barang tersebut terkena goresan. Rusak dan sebagainya. Salah stau tujuan disyari’atkannya berjilbab adalah agar manusia mengenali identitas muslimah dibandingkan dengan wanita-wanita non muslim. Karena diterangkan dalam ayat lain bahwa wanita-wanita yang mempunyai karakter suka memamerkan lekuk tubuh dan perhiasannya itu adalah bagian dari moralitas wanita-wanita jahiliah.

Wanita-wanita nonmuslim meskipun tidak diperintahkan untuk berjilbab, akan tetapi tidak boleh dibiarkan untuk merusak kultur masyarakat muslim dengan seenaknya pamer tubuh dan telanjang di dalam komunitas muslim. Karena masih ada norma kesopanan yang tetap harus dijaga dalam status sosial kita. Apalagi bangsa Indonesia yang dengan adat ke timurrannya memiliki adat dan budaya tersendiri dalam tata pergaulannya. Disamping itu, kita sebagai umat islam meyakini bahwa tidak ada agama pada di dunia ini yang mengajarkan pada umatnya tentang bugil dan ketidaksopanan dalam berbusana. Itulah sekilas pengetahuan kewajiban para wanita muslimah untuk menutup aurat diri mereka. Menutup aurat mencerminkan tingkat peradaban yang lebih tinggi dibanding ketika manusia masih belum menemukan bahan-bahan untuk menutup tubuhnya.

Leave a Reply