10 Tips Beradaptasi di Kantor Baru

Tips beradaptasi di kantor baru – mungkin sat ini anda baru diterima di sebuah perusahaan dan anda mulai masuk kantor di perusahaan tempat anda bekerja yang baru. Sedikit ragu – ragu dalam bertindak di tempat kerja baru merupakan hal yang wajar dan manusiawi, atau sedikit nervous itu juga natural. Beradaptasi di kantor baru memang sangat diperlukan demi menunjang tugas dari kantor. Namun sebagian orang ada yang mudah beradaptasi ketika hari pertama kerja, namun sebagian lainnya ada yang mengalami kesulitan untuk beradaptasi.

Nah 10 tips beradaptasi di kantor baru berikut dapat membantu anda untuk lebih nyaman dan tenang dalam bekerja dan mampu beradaptasi:

  1. Pelajari etika serta budaya di tempat kerja baru anda. Hal ini sangat penting untuk anda lakukan, setiap kantor atau tempat kerja tentunya memiliki etika dan budaya yang berbeda- beda. Ada hal – hal khusus yang sebaiknya anda tahu sehingga anda mampu untuk beradaptasi dengan semua karyawan di kantor baru anda.
  2. Tunjukkan semangat bekerja. Hal kedua ini juga sangat penting, menunjukkan semangat bekerja yang tinggi. Jangan sampai anda kelihatan lesu, tidak bersemangat, seberat apaun pekerjaan serta tanggung jawab anda tidak boleh menyurutkan semangat kerja anda. anda harus bisa menunjukkan eksistensi dan konsistensi dengan pekerjaan anda di tempat kerja baru anda.
  3. Selalu mau belajar dengan hal – hal baru serta mahir dengan teknologi. Bisa jadi anda mendapat pekerjaan baru namun anda belum menguasai di bidang tersebut denga baik, jika di tempat kerja baru ada rekan kerja yang lebih senior dan memiliki pengalaman, tak ada salahnya jika anda menanyakan hal – hal baru yang mungkin anda belum pahami. Akan lebih baik bertanya daripada keliru, dan jika ada senior anda yang memberikan bimbingan pada anda, maka perhatikan dengan sebaik- baiknya. Selalu belajar dengan baik dan usahakan untuk selalu menguasai ketrampilan baru yang belum pernah anda kuasai sebelumnya yang diterapkan di kantor anda.
  4. Kenali semua orang. Anda harus mengenal semua orang di tempat kerja baru anda. termasuk pimpinan hingga office boy dan tukang parkir. Hal paling penting jangan sampai anda tidak mengenali pimpinan anda. Jangan sampai anda bersikap cuek dengan semua orang di kantor anda, bersikap rendah hati dan sopan akan membawa anda memiliki banyak rekan dan dikenal banyak orang.
  5. Suka membantu dan mau bekerja lebih dari tugas yang diberikan dan memiliki tanggung jawab. Jika anda ingin disayang oleh semua orang di kantor anda, selalu ringan tanganlah pada semua orang. Mungkin orang di sekitar anda membutuhkan bantuan, ini merupakan kesempatan yang baik untuk anda menunjukkan bahwa anda suka membantu siapa saja. Namun tentu saja hal ini dilakukan setelah semua tugas dna tanggung jawab anda sudah beres.
  6. Inisiatif dan kreatif. Selalu ajukan ide – ide yang kreatif dengan suatu masalah yang timbul, nah dengan memunculkan ide – ide kreatif akan membuat semua orang di kantor cepat mengenali anda dan anda pun akan mendapat respek dari pimpinan kantor.
  7. Bangun hubungan yang profesional dengan atasan dan bawahan. Selalu bersikap profesional dengan semua orang di kantor, namun tidak mematikan sifat kemanusiaan anda, anda harus bisa menyeimbangkannya. Hubungan profesional akan membangun sebuah team kerja yang solid untuk mencapai kesuksesan.
  8. Berpakain yang pantas. Berpakainlah yang pantas sehingga anda tidak menjadi perbincangan banyak orang di kantor.
  9. Dilarang gosip. Bergosip bukanlah hal yang baik, hal ini bisa membuat anda terseret pada konfrontasi dengan rekan kerja lainnya dan akan menurunkan kinerja anda.
  10. Berbicara sopan dengan semua orang. Komunikasi yang baik akan membawa anda pada hubungan profesional pada semua orang di kantor anda.

Demikian uraian tentang tips beradaptasi di kantor baru.

Leave a Reply