10 Tips Sukses Dalam Berkarir

Dunia kerja semakin kompetitif, setiap hari pasti ada masalah yang kita temui  baik kecil atau pun besar, apa saja yang harus kita lakukan untuk sukses dalam berkarir dan tidak perlu kerja seumur hidup? Berikut beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk mencapai kesuksesan sesuai keinginan kita.

1. Prioritas dan Tujuan
Apa saja prioritas harian kita? Buat daftar prioritas dan perencanaan harian. Urutkan tugas harian dari skala yang terpenting paling atas diikuti tugas lain ke bawah.
Buat juga daftar prioritas Jangka Pendek dan Jangka Panjang kemudian evaluasi kembali semua tugas yang sudah anda tulis.

2. Selalu Fokus
Saat mulai bekerja kesampingkan dulu pikiran-pikiran yang bisa mengganggu aktifitas dalam bekerja sehingga kita dapat benar-benar fokus untuk menyelesaikan tugas-tugas kita.

3. Perbanyak keterampilan dan keahlian
Kebutuhan dalam dunia kerja tidak selalu sama begitu juga persyaratannya. Maka selalu tingkatkan keterampilan dan keahlian kita. Ikuti seminar, baca buku dan jangan pernah bosan untuk selalu belajar.

4. Bersosialisasi
Berpartisipasilah dan ikut ambil bagian dalam kegiatan umum. Membuka diri untuk berkenalan dengan orang-orang baru, jadilah pendengar yang baik maka kita akan belajar banyak hal baru dari mereka.

5. Pahami Diri Sendiri
Kita harus tahu kekuatan dan kelemahan yang ada dalam diri. Jika ada posisi yang bagus dan kita layak dipromosikan kenapa tidak?

6. Siap Tertantang
Setiap tantangan yang kita terima maka kita akan mengetahui sesuatu yang belum pernah kita temui dalam diri kita. Menerima tantangan adalah cara terbaik keluar dari zona nyaman dunia kerja. Jika kita terpaku pada zona nyaman maka karir kita tidak akan pernah maju. Jika kita hanyak melakukan hal yang itu-itu saja, maka kita hanya akan memiliki hal yang itu-itu saja.

7. Komunikasi
Belajar untuk berkomunikasi secara efektif. Dengarkan apa yang dikatakan orang lain saat berbicara dengan kita, fokus untuk menjawab dan melemparkan umpan balik, efektif dalam membujuk atau meminta bantuan dengan rekan kerja.

8. Hindari Bergosip

Hindari bergosip tentang rekan kerja apalagi boss kita, hormati mereka dan bekerjalah sebaik mungkin.

9. Santai dan Nikmati
Bersantai dan nikmati hari libur melakukan sesuatu yang berbeda sesuai dengan hobi kita. Luangkan waktu untuk diri kita sendiri, ini akan meningkatkan produktifitas kita di hari kerja.

10. Carilah Kepuasan
Jika kita kecewa dengan apa yang telah kita lakukan, coba untuk mengubahnya menjadi sesuatu yang kita Cintai. Jika kita telah gagal, melakukan sesuatu yang berbeda mungkin menjadi ide yang menarik. Seperti yang pernah dikatakan Confucius, “Pilihlah pekerjaan yang anda cintai, maka anda tidak perlu bekerja seumur hidup.” (@cukuskumir)

Leave a Reply