Serba Serbi Doa

Tahukah anda ada 3 hal yang anda harus selalu yakini saat anda berdoa. Apa saja itu?

  1. Jangan berputus asa dalam berdoa

Saat kita merasa do’a-do’a kita tidak terkabulkan janganlah kita meninggalkan do’a-do’a tersebut dan berputus asa, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“doa seorang dari kalian akan dikabulkan Allah SWT selama ia tidak terburu-buru” (Bukhari & Muslim)

Makna dari terburu-buru adalah ketika kita berprasangka bahwa do’a kita tidak dikabulkan Allah SWT, hal ini sama seperti  orang yang beribadah namun dia ungkit-ungkit ibadahnya, seperti orang yang bersedekah lalu dia ungkit-ungkit sedekahnya dan hal ini sama seperti “aku sudah berdo’a siang dan malam namun Allah tidak mengabulkan do’a ku” ketika hal tersebut kita ucapkan maka pada saat itu benar-benar doa tidak diterima dan tidak dikabulkan Allah SWT.

2. Ketika do’a belum terkabul

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan ketika kita merasa do’a kita belum juga dikabulkan Allah SWT, hal pertama yang dapat kita lakukan adalah tetaplah berdo’a, dan teruslah berdo’a, karena do’a adalah ibadah yang sangat luar biasa,

Yang ke dua mulailah evaluasi diri, jangan sampai kita melakukan penghalang-penghalang dikabulkannya do’a kita, evaluasi cara kita mendapatkan harta kita, evaluasi makanan dan minuman yang kita konsumsi, evaluasi bagaimana respon kita dalam menyambut perintah dan larangan dari Allah SWT, mungkin salah satu dari hal tersebut masih ada yang salah.

Serba Serbi Doa

Apabila 2 hal tadi sudah kita lakukan dan kita merasa bahwa syarat-syarat dan adab-adab doa sudah kita lakukan maka bergembiralah, karena Allah pasti akan mengabulkan do’a kita, ketika Allah memberikan janji maka pasti Akan berikan janji tersebut karena Allah tidak sesempit pola pikir manusia dan Allah yang paling tahu mana yang terbaik untuk kita.

3. Cara-cara Allah mengabulkan do’a

Bisa jadi apa yang kita inginkan bukan yang terbaik untuk kita, maka Allah tidak berikan permintaan kita namun Allah gantikan dengan yang lain,ketika kita sudah berdoa dengan baik, maka Allah akan kabulkan do’a tersebut dengan 1 dari 3 cara diantaranya adalah:

  1. Kemungkinan pertama, Allah kabulkan do’a sesuai dengan keinginan kita, ketika kita meminta keturunan Allah berikan keturunan, ketika kita meminta rumah Allah berikan rumah kepada kita sesuai dengan apa yang kita minta kepada Allah.
  2. Kemungkinan kedua, Allah tidak berikan yang kita minta namun Allah simpan di akhirat.

Ketika apa saja yang kita minta tidak dikabulkan maka Allah akan menggantinya di surga, disinilah pentingnya kita menahan lisan untuk berkata “aku sudah berdo’a siang dan malam namun Allah tidak mengabulkan do’a ku” jika Allah tidak kabulkan di dunia maka Allah akan kabulkan di akhirat.

  1. Kemungkinan ketiga, Allah tidak kabulkan do’a kita namun Allah palingkan kita dari bencana/musibah yang senilai dari apa yang sudah kita minta kepada Allah.

Ketika kita semakin banyak berdo’a kepada Allah maka Allah akan semakin sering mengabulkan do’a kita.

Semoga kita selalu diberikan hidayah oleh Allah untuk terus berdoa. Amiin

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here