4 Hal Traveller Muslim Wajib Tau

Memiliki hobby travelling memang sangat mengasyikan. Ada kepuasan tersendiri saat kita dapat melakukan perjalanan ke tempat baru dan bisa belajar banyak dari perjalanan kita. Selain dapat mempelajari budaya tempat tujuan, kita juga akan bisa bertafakkur tentang seberapa besarnya kekuasaan Allah di muka bumi. Berbagai persiapan harus kita siapkan jika hendak melakukan sebuah perjalanan, dari mulai pakaian, tiket transportasi, akomodasi, itinerary, hingga rekan perjalanan kita. Namun ada hal terpenting yang traveller muslim wajib ketahui di setiap perjalanan mereka. Simak yuk!

1. Makanan halal

Makan adalah hal terpenting bagi manusia. Sebagai manusia normal, kita harus selalu memenuhi kebutuhan pangan untuk diri kita minimal 3 (tiga) kali sehari. Kita bisa membawa bekal untuk perjalanan kita, namun jika kamu melakukan perjalana jauh yang memakan waktu lama, seperti ke luar negeri misalnya, kamu tidak mungkin membawa persediaan bekal untuk selama perjalanan. Mencari makanan di tempat tujuan menjadi hal yang mutlak dilakukan. Untuk itu, mengetahui informasi tentang makanan daerah setempat adalah wajib. Tidak semua tempat memiliki makanan halal. Cari informasi sebanyak mungkin agar kamu bisa menemukan makanan halal di sekitar lokasi tujuan perjalananmu.

2. Lingkungan sosial

Tidak semua tempat memiliki penduduk mayoritas muslim seperti di Indonesia, oleh kHijapedia Its Your Community Image (42)arena itu mengetahui lingkungan sosial tempat tujuan perjalanan mu adalah keharusan. Bagaimana mereka biasanya hidup, kebiasaan masyarakatnya, terutama yang bersangkutan dengan urusan ibadahmu. Sebagai seorang muslim, kita memiliki kewajiban ibadah yang harus ditunaikan dimanapun kita berada. Cari pula lokasi penginapan yang moslem friendly. Artinya adalah lokasi penginapan yang kondusif, tidak berisik, dan memungkinkan kamu memiliki privasi. Terlebih sebagai seorang muslimah, keleluasaan untuk berganti pakaian dan lainnya adalah hal utama.

3. Perbedaan waktu

Lagi-lagi keterkaitan dengan masalah ibadah, kita harus memiliki pengetahuan tentang perbedaan waktu setempat dengan Indonesia. Cari tau bagaimana jadwal shalat biasanya di sana. Hal-hal yang berkaitan dengan waktu shalat sangat mempengaruhi rencana perjalananmu. Jangan sampai shalat menjadi hal yang luput dari perhatian mu.

4. Arah kiblat

Bekali dirimu dengan kompas atau penunjuk arah. Kompas mungkin tidak terlalu dibutuhkan di zaman sekarang, bekal GPS (global potitioning system)  sudah lebih familiar. Namun kompas bisa digunakan sebagai penunjuk arah kiblat. Dimanapun kamu berada kamu bisa tetap mengetahui arah kiblatmu. Lagi-lagi tidak semua tempat mayoritas muslim dan mereka paham akan makna kiblat.

Demikianlah Sisters! Kita harus memiliki pengetahuan yang cukup minimal terhadap 4 hal di atas. Jika sudah begitu, kewajiban ibadah shalat kita akan tetap terjaga meski kita sedang dalam perjalanan. Menjelajahlah ke tempat yang paling jauh sekalipun, janga lupakan shalat, Allah akan senantiasa menyertai perjalan mu. Jadi, sudah siap travelling kan?

Leave a Reply