4 Tips Merawat Rambut Agar Tetap Sehat Meski Berhijab

Mengenakan hijab merupakan salah satu kewajiban bagi setiap wanita muslimah yang telah memasuki usia baligh atau dewasa. Jilbab berfungsi sebagai penutup kepala dan rambut yang merupakan bagian dari aurat. Kebanyakan dari wanita muslimah yang mengenakan jilbab cenderung mengabaikan kesehatan rambut mereka, dengan dalih rambut tidak akan terlihat maka mereka pun akhirnya enggan melakukan perawatan untuk rambut. Sehingga tidak heran jika kemudian banyak masalah rambut bermunculan bagi mereka para hijabers, mulai dari rambut kering, rambut rontok, rambut bercabang, rambut berminyak dan lain sebagainya. Tahukah Anda bahwa rambut merupakan mahkota wanita, karenanya penting bagi kita untuk menjaga dan merawatanya, ini juga berlaku untuk para hijaber, lalu bagaimanakah merawat rambut yang benar bagi pengguna jilbab? Berikut adalah tips dan cara agar rambut tetap sehat saat berjilbab:

1. Jaga Kebersihan
Cara termudah yang dapat Anda lakukan untuk dapat memiliki rambut yang sehat meski berjilbab tentu saja dengan menjaga kebersihannya, secara rutin melakukan keramas setidaknya 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

2. Gunakan Produk Yang Tepat
Saat ini ada banyak sekali produk perawatan rambut yang bermunculan, masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda karena formulasinya juga berbeda. Oleh karena itulah penting bagi Anda untuk lebih cermat dan selektif dalam memilih produk perawatan rambut. Pilihlah produk yang sesuai dengan kondisi rambut Anda, apakah berminyak, kering, berketombe atau rontok.

3. Cukupi Kebutuhan Gizi
Selain melakukan perawatan rambut, hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah memenuhi kebutuhan gizi, seperti halnya anggota tubuh lainnya, rambut juga membutuhkan nutrisi agar tetap sehat dan kuat. Makanan mengandung omega 3 seperti telur, ikan salmon dan sayuran hijau terbukti sangat bagus untuk kesehatan rambut.

4. Pilih Jilbab yang Nyaman
Pemilihan hijab juga sangat berdampak pada kesehatan rambut. Sebaiknya pilihlah jilbab yang nyaman, memiliki pori-pori cukup untuk sirkulasi udara agar rambut pun dapat bernafas dan menjadi lebih sehat.

One Comment

Leave a Reply