5 Alasan Kenapa Harus Punya Akun LinkedIn Meski Masih Bekerja

Dengan jumlah pengguna lebih dari 250 juta jangan pernah berpikir bahwa pengguna LinkedIn adalah karyawan yang sedang mencari kerja. Kebanyakan dari pengguna LinkedIn adalah karyawan yang senang akansosialisasi. Jika anda masih bekerja dan tidak serius dengan akun LinkedIn anda atau bahkan belum memiliki akun LinkedIn maka anda salah besar. Berikut adalah alasannya:

1. Anda harus memiliki hubungan / jaringan yang luas dan akan berguna nantinya
Jangan pernah membayangkan anda diberhentikan dari pekerjaan apalagi teman di LinkedIn hanya 5 orang. Secara gila-gilaan anda menambahkan banyak orang di jaringan LinkedIn anda.Mungkin LinkedIn tidak mencap anda sebagai calon spammer tapi teman-teman anda yang sudah lama tidak bertemu pasti bertanya-tanya, “sudah lama tidak ketemu dan gak ada kabar, kenapa sekarang baru ngajakin temenan LinkedIn setelah berhenti kerja?”
Maka sebelum terlambat segera perluas jaringan anda, cari teman-teman akademis juga klien / pelanggan anda.Aktif saling menyapa dan tetap bina hubungan baik dengan mereka.

2. Peluang akan datang kapan saja
Para perekrut atau Head Hunter biasanya memilih calon karyawan yang masih aktif bekerja bukan yang sedang menganggur dan mencari pekerjaan, perusahaan penyewa Head Hunter rela membayar orang yang tepat dan masih bekerja apalagi di perusahaan kompetitor. Meski terlihat pasif dan tidak mencari pekerjaan baru tapi anda adalah orang yang tepat menurut Head Hunter.

3. Ikuti Grup diskusi pada LinkedIn
Berdiskusi dan berbagi pada grup akan membuat diri anda terlihat oleh pengguna lain, ini menjadi nilai tambah bagi anda. Tidak perlu malu-malu untuk ikut ambil bagian pada sebuah diskusi dan mengungkapkan pendapat anda, keluarkan semua keahlian anda. Dengan sendirinya akan banyak orang yang ingin berteman dengan anda.

4. CV anda harus selalu diperbarui
Jangan pernah malas untuk memperbarui resume karena para Head Hunter akan melihat pengalaman anda selama 5 tahun terakhir, kapan saja resume terkini akan anda butuhkan. Segudang sertifikasi juga layak anda masukan kedalam resume karena kata kunci dari sertifikasi bisa menjadi satu diantara yang dibutuhkan oleh para Head Hunter. Ingat untuk selalu memperbarui resume secara berkala, bisa sebulan sekali atau enam bulan sekali tergantung pada skill apa saja yang bertambah dalam diri anda.

5. Baca berita yang sesuai dengan karir anda
Rajin membaca berita yang dibagikan di LinkedIn dapat berguna untuk mengaktulisasi diri anda, sesuaikan kebutuhan berita yang akan anda baca dengan industri tempat anda bekerja. Atur dan sempatkan diri anda setiap hari membaca berita tersebut kemudian buat catatan kecil dari artikel tersebut.

Sudah seaktif dan sebesar apa jaringan anda pada LinkedIn? Mari kita berteman. (@cukuskumir)

Leave a Reply