5 Cara Media Sosial Meningkatkan Bisnis Online Anda

Media sosial menawarkan kemudahan untuk memperbanyak pelanggan, mengetahui apa yang pelanggan inginkan dan membuat mereka terlibat dengan bisnis anda melalui basis Online (Daring: Dalam Jaringan). Banyak alat media sosial yang dapat digunakan seperti Facebook, Twitter, Blog, Forum dan lainnya.

hijapedia

Bagaimana kita dapat mengambil keuntungan dari media sosial yang sangat gandrung saat ini?

1. Pelanggan
Penggunaan media sosial sangat memungkinkan meningkatkan basis pelanggan online anda. Dengan hadirnya bisnis anda di media sosial maka calon pelanggan anda bertambah, biasanya mereka tidak dapat didekati melalui iklan lokal. Konsistensi untuk selalu eksis di media sosial adalah kunci utama untuk meningkatan pelanggan melalui media sosial.

2. Terlihat
Keberadaan media sosial sebagai alat bisnis anda tentunya agar para fans atau followers anda mengetahui semua yang anda lakukan dalam berbisnis. Jika suatu saat anda melakukan hal yang sangat keren dalam bisnis anda bisa jadi itu akan menginspirasi mereka dan dengan sendirinya mereka akan berbagi hal keren tersebut kepada orang-orang di lingkungannya. Semakin banyak pengikut anda di media sosial semakin besar kemungkinan geliat bisnis anda akan tersebar di dunia online.

3. Konten Isi
Dengan media sosial anda dapat beriklan secara spesial dan membuat para pelanggan / calon semakin tertarik dengan bisnis anda. Mereka jadi semakin mengetahui sisi pribadi anda dalam menjalankan bisnis online anda. Misal anda seorang pemilik butik online kemudian anda membantu seorang ibu yang ingin menikahkan anaknya tetapi buntu dalam mencari ide gaun pengantin, anda berhasil membuat ibu tersebut menemukan gaun pengantin yang tepat untuk anaknya. Ceritakan keberhasilan tersebut dalam sebuah tulisan di blog, biarkan dunia membacanya.

Baca juga:
Berbagai Jenis Bisnis Rumahan Untuk Penghasilan Tambahan
5 Peluang Pekerjaan Untuk Anda Yang Senang Bergaul

4. Keterlibatan
Masih, misalkan anda pemilik butik online tadi, dan yakin semua koleksi terbaru anda sangat bagus dan keren. Tapi anda bisa tahu selera pasar saat ini dengan mengajak berdiskusi para fans atau followers anda di social media secara langsung. Dengan begitu anda bisa mendapatkan banyak masukan dan mebuat koleksi terbaru anda semakin keren dan bagus lagi. Kepercayaan pelanggan semakin meningkat dan dengan sendirinya mereka akan berbagi informasi butik anda sangat rekomendid untuk dijadikan langganan.

5. Target
Dengan media sosial anda bisa menargetkan calon pelanggan anda dengan demografi yang sangat sesuai. Misal anda beriklan di Facebook maka umur, jenis kelamin, kota, ketertarikan calon pelanggan bisa anda targetkan. Semakin sempit target anda semakin mungkin anda mendapatkan calon pelanggan yang sangat potensial.

Facebook dan Twitter bisa menjadi sumber daya yang sangat besar jika kita bisa berpikir strategis dalam pemberdayaannya. Maka luangkan waktu anda untuk berpikir bagaimana caranya media sosial yang sangat murah ini dapat meningkatkan bisnis online anda. (@cukuskumir)

Leave a Reply