5 Cara Menghemat Pengeluaran Belanja Bagi Mahasiswa

Tinggal di kota orang dan jauh dari orang tua menuntut Anda sebagai mahasiswa untuk dapat hidup mandiri, termasuk dalam hal mengelola keuangan yang diberikan oleh orang tua. Memang tidak sedikit mahasiswa yang berhasil mengatur keuangan dan menghemat pengeluaran belanja mereka, bahkan mereka masih dapat menyisihkan uang untuk menabung. Namun tidak sedikit pula mahasiswa yang kewalahan dalam mengatur keuangan dan menghemat pengeluaran belanja mereka. Sehingga tidak heran jika uang untuk sebulan yang diberikan oleh orang tua selalu kandas di tengah bulan, sementara untuk menyambung hidup berhutang pun menjadi solusi. Anda tentu tidak menginginkan hal ini terjadi pada Anda bukan? Nah, berikut ini adalah cara menghemat pengeluaran belanja mahasiswa yang dapat Anda ikuti:

1. Komposisikan uang bulanan yang dimiliki sesuai dengan kerangka kebutuhan baik yang bersifat primer, sekunder maupun tersier. Ini merupakan pondasi dalam membangun pola keuangan yang juga sangat cocok untuk diterapkan pada mahasiswa.

2. Buat catatan belanja kebutuhan bulanan, ini akan sangat efektif untuk mengontrol Anda dalam berbelanja. Penuhi terlebih dahulu apa yang menjadi kebutuhan pokok atau primer Anda, baru kemudian jika tersisa dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sekunder atau bahkan tersier.

3. Jangan ragu untuk berburu diskon. Sebelum berbelanja, ada baiknya Anda mencari informasi diskon di swalayan-swalayan terdekatmu. Dengan membeli bproduk-produk diskon, maka Anda dapat mengalokasikan uang sisa belanja untuk kebutuhan lainnya.

4. Untuk Anda yang ingin berhemat, tidak ada salahnya untuk membuat makanan sendiri di kost atau kontrakan. Dibandingkan dengan membeli makanan siap saji, cara ini terbukti lebih efisien dan dapat menghemat pengeluaran sekitar 20% hingga 30% Anda.

5. Berbelanjalah sesuai dengan kebutuhan dan bukan keinginan. Seringkali mahasiswa terjebak dalam hal ini, mereka sulit untuk membedakan mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang hanya sebatas keinginan. Sesekali memang tidak jadi masalah untuk memenuhi apa yang menjadi keinginan, namun jika ini dilakukan terus menerus dan tidak terkontrol, tentu ini akan menjadi masalah tersendiri.

Demikianlah Tips menghemat pengeluaran belanja mahasiswa, kamu juga bisa membaca Cara Mengatur Keuangan Yang Baik Untuk Mahasiswa, mudah-mudahan bermanfaat.

Leave a Reply