5 Dampak Buruk Penggunaan Smartphone Bagi Kesehatan

Smartphone menjadi salah satu gadget yang sudah sangat sulit dipisahkan dengan kehidupan manusia. Banyak sekali kemudahan yang didapat saat bisa mengakses banyak hal lewat smartphone, selain fungsi telepon, smartphone bisa menjawab kebutuhan masyarakat urban lainnya. Namun di balik kelebihan ini, ternyata penggunaan smartphone yang tidak bijak bisa mengganggu kesehatan kita lho, Sisters! Simak yuk!

 

1. Mata lelah dan iritasi

Normalnya mata kita akan berkedip 16-20 kali setiap menit nya, akan tetapi saat melihat layar handphone atau smartphone yang biasanya memakan waktu lama, mata kita hanya berkedip 6-8 kali per menit. Tentu saja selain membuat mata lebih kering, mata akan lebih cepat lelah hingga memicu iritasi jika berkepanjangan. Belum lagi jika menatap layar smartphone di dalam ruangan gelap.

 

2. Tangan kram dan nyeri 

Menggunakan smartphone yang memudahkan kita untuk online nonstop maupun bermain games membuat tangan menjadi kaku bahkan kesemutan. Posisi tangan yang terus menerus dalam keadaan yang sama dalam satu waktu panjang akan memicu nyeri-nyeri pada telapak tangan.

 

3. Sakit kepala

Mata lelah yang disebabkan terus menerus menatap layar smartphone akan memicu sakit kepala. Pegang pangkal hidung, yaitu bagian di antara kedua mata, akan terasa nyeri dan pusing. Jika pengguna memiliki riwayat sakit kepala berat seperti vertigo, menggunakan smartphone terus menerus bisa sangat berbahaya.

 

4. Gangguan struktur tulang

Biasanya orang menggunakan smartphone dalam posisi menundukan kepala. Posisi kepala tertunduk selama berjam-jam ini akan mengganggu struktur tulang punggung. Efek jangka pendeknya adalah rasa pegal-pegal di tengkuk leher, jangka panjang bisa mengakibatkan hingga pergeseran tulang.

 

5. Gangguan tidur

Banyak studi dan kajian yang menunjukan para pengguna smartphone lebih memiliki kecenderungan untuk sulit tidur. Baik kebiasaan yang selalu menatap layar smartphone sebelum tidur ataupun selalu berinteraksi dengan sosial media ataupun games, sehingga waktu tidur menjadi terganggu. Jam tidur juga semakin tidak teratur akibat kelelahan mata.

 

Nah, jika sudah begini, kita harus pandai-pandai mengatur kegiatan dengan smartphone ya, Sisters! Jangan terlalu sering menggunakan smarphone atau gadget lain dengan tidak terkontrol jika tidak ingin mengalami efek buruk di atas.

Leave a Reply