5 Manfaat Bangun Pagi yang Harus Kamu Tau

Pagi merupakan awal bagi seseorang untuk beraktivitas. Setelah sepanjang malam diberikan waktu terbaik untuk mengistirahatkan badan dan pikiran, pagi adalah waktu yang paling tepat untuk memulai kegiatan baik. Allah bersabda pada Surat Al-Furqan ayat 47 “Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk berusaha.” Banyak manfaat yang dapat kita peroleh jika kita bangun pagi :

1. Metabolisme tubuh

Udara pagi yang segar dan bersih dipenuhi oleh oksigen terbaik untuk tubuh kita. Semakin rutin kita menghirup udara bersih maka metabolisme di dalam tubuh akan semakin baik. Terlebih lagi jika kita harus berkutat dengan udara di Ibu Kota yang sudah padat dengan polusi, maka bangun pagi sangat baik untuk kesehatan.

2. Menjemput rezeki

Pagi adalah waktu terbaik untuk menjemput rezeki atau bekerja mencari nafkah. Pikiran yang masih segar setelah beristirahat malam menjadikan pagi waktu yang paling baik bagi manusia untuk beraktivitas. Bila berhasil bangun pagi kita adalah pemenang di hari tersebut, setidaknya kita berhasil melawan diri kita dari rasa kantuk.

3. Segar dan bahagia

Orang yang terbiasa bangun pagi akan cenderung terhindar dari rasa tertekan dan depresi. Pikirannya akan lebih terisi dengan motivasi dan pola pikir sehat yang ideal. Metabolisme tubuh terjadi sedemikian rupa agar pagi hari menjadi waktu paling segar untuk berkegiatan. Sehingga orang yang rutin bangun pagi akan lebih bahagia dari mereka yang tidak.

4. Mendapat waktu efektif lebih panjang

Semakin pagi seseorang bangun dari tidur maka ia akan memiliki waktu lebih panjang untuk berkegiatan selama sehari penuh sebelum waktu tidur malam tiba. Waktu yang lebih panjang ini bisa digunakan lebih maksimal dibanding mereka yang memperpanjang waktu tidurnya. Tentu saja mereka jauh lebih unggul dari mereka yang bangun siang.

5. Awet muda

Metabolisme tubuh lebih lancar, perasaan dan jiwa menjadi lebih sehat, segar, dan bahagia akan membuat seseorang lebih awet muda. Selain itu kebiasaan bangun pagi bisa menciptakan kesempatan kulit mendapat vitamin D yang baik dari matahari pagi untuk mencegah penuaan dini.

Nah, Sisters! Apa di antara kamu masih ada yang suka bangun siang? Sudah mau dong memulai bangun pagi dari sekarang? Yuk awali hari kita lebih awal dan siap menjadi pemenang!

Leave a Reply