5 Manfaat Bersepeda

Akhir-akhir ini, bersepeda telah menjadi tren baru masyarakat perkotaan, terutama pekerja kantoran. Selain karena menyehatkan, jenuh dengan kemacetan membuat para pegawai kantoran ini memilih bersepeda ke tempat kerjanya. Ditambah lagi dengan adanya Car Free Day setiap hari Minggu menjadikan bersepeda menjadi hobi alternatif bagi masyarakat perkotaan umumnya.

Banyak hal positif yang bisa kita dapatkan dari bersepeda. Di antaranya adalah:

1. Menyehatkan

Bersepeda dapat melancarkan metabolisme dalam tubuh dan memperlancar aliran darah dan oksigen dalam darah. Hal ini selain dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh, juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker usus dan payudara. Bersepeda juga dapat membakar kalori cukup banyak, sehingga dapat menjadi olahraga alternatif untuk menurunkan berat badan.

2. Ramah Lingkungan

Bersepeda merupakan alat transportasi yang sangat ramah lingkungan, karena tidak menyebabkan polusi udara. Dengan bersepeda, secara tidak langsung kita turut berperan menyelamatkan bumi dari dampak rumah kaca.

3. Sarana Komunikasi yang Efektif

Dengan bersepeda, kita dapat menjalin komunikasi yang efektif dan menyenangkan dengan teman-teman sekantor, bahkan bos kita. Kita juga dapat memperluas pertemanan kita, terutama bila kita masuk dalam sebuah komunitas bersepeda. Selain itu, bersepeda juga dapat menjadi kegiatan alternatif yang bisa dilakukan bersama-sama oleh seluruh anggota keluarga, sehingga komunikasi yang baik antar anggota keluarga dapat terjalin.

4. Menimbulkankan Perasaan Bahagia

Menurut Andrew McCulloch, Chief Executive dari Mental Health Foundation, setiap aktivitas olahraga ringan sampai sedang dapat menghasilkan hormon endorfin (hormon kebahagiaan). Hormon endorfin inilah yang membuat kita merasa bahagia setelah melakukan olahraga. Jadi buat yang suntuk dan stres dengan pekerjaan yang menumpuk, bersepedalah. Supaya beban di kepala kita bisa hilang dan pikiran kita segar kembali.

5. Meningkatkan Kerja Otak

Para ilmuwan dari Universitas Illinois menemukan bahwa peningkatan lima persen pada kemampuan pernapasan dan jantung dari aktivitas bersepeda memberi peningkatan kemampuan sampai 15 persen pada tes mental. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa 25 menit senam aerobik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif setidaknya satu level. Hal ini disebabkan oleh aliran oksigen ke sel-sel otak yang cukup lancar setelah kita berolahraga.

So, ladies. Tunggu apalagi! Ayo bersepeda berkeliling kota atau ke pedesaan dan rasakan manfaatnya.

Baca juga:
Cara Merampingkan Perut melalui Olahraga Ringan secara Alami
Tips berolah raga bagi muslimah

Leave a Reply