5 Tips Ampuh Meningkatkan Omset

5 Tips Ampuh Meningkatkan Omset. Bagi seorang wirausahawan sudah barang tentu omset merupakan hal paling penting. Setiap penguasaha memiliki target omset yang ditentukan, baik tiap hari, minggu, bulan, atau tahunan. Omset biasanya didapatkan dari jumlah pembelian produk/jasa. Oleh karena itu, kunci untuk memperbesar omset adalah dengan memperbesar jumlah pembelian produk/jasa. Lantas, bagaimana kunci itu bekerja? Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Perbesar Jumlah Calon Pembeli

Intinya perbanyak calon pembeli, caranya lakukan PROMOSI. Promosi bisa dilakukan di berbagai media yang sesuai target market. Misal promosi via brosur, poster, web, marketplace, social media, BBM, iklan media berbayar dan lain-lain.

2. Perbesar Jumlah Pembeli

Buat cara supaya si calon pembeli tertarik membeli produk kita. Misal: “Coba Gratis”, Diskon khusus untuk pembeli hari ini, ada “Demo Produk”, buat “Promo” yang ada testimoninya. Inti dari strategi ini adalah ada “Penawaran Menarik”.

3. Repeat Buying

Nah! Pada bagian ini perlu ada strategi khusus agar si pembeli yang pernah beli produk kita melakukan pembelian lagi. Misalnya: Berikan voucher belanja (potongan) untuk pembelian berikutnya, buatlah program membercard, supaya si pembeli menjadi pelanggan. Ikat pelanggan dengan memberikan program-program menarik jika menjadi pelanggan kita.

4. Lakukan Cross Selling

Tips ini sederhana ketika si pembeli membeli suatu produk, maka coba tawarkan produk lain. Misalnya di sebuah toko kelontong, si konsumen membeli beras juga kita coba tawarkan telur atau minyak goreng. Intinya kita menawarkan produk lain saat si pembeli membeli produk tertentu.

5. Referal

Inti dari strategi ini adalah kita ajak si pembeli kita untuk jadi agen kita. Caranya: jika si pembeli menawarkan produk kita ke orang lain, kita bisa berikan Fee (komisi) sebagai apresiasi. Konsep ini mirip Member Get Member.

Selamat mencoba 5 Tips Ampuh Meningkatkan Omset ini Sist’, pilihlah cara yang cocok untuk bisnismu dan pastikan bahwa teknik yang tepat untuk customer mu.

Leave a Reply