5 Tips Memulai Bisnis Sendiri

Ada sebuah kondisi dimana seseorang ingin memiliki bisnis sendiri namun memiliki banyak keraguan. Sebagian dari mereka bingung ingin memulai dari mana. Sebagian lain mungkin bahkan takut untuk memulainya. Alasannya banyak, salah satunya dengan menganggap bisnis itu tidak menentu dan beresiko. Sehingga apa yang menjadi pilihan adalah memilih sesuatu yang pasti, yaitu menjadi karyawan yang memiliki penghasilan tetap. Namum memiliki bisnis sendiri selain ada kepuasan tentu akan sangat baik untuk masa depan. Karena tidak mungkin selamanya kita hanya menjadi karyawan.

 

1. Jangan pernah malu

Hari gini masih ada malu? Gengsi? Duh jangan sampe deh. Coba lihat pengusaha-pengusaha besar, mereka itu bos sekaligus pemimpin. Kenapa mereka bisa begitu? Karena mereka tidak malu untuk mulai berbisnis atau berjualan. Mereka pasti memulai dari berjualan hal kecil, memahami seluk beluknya sehingga bisa membesarkan bisnis mereka.

 

2. Bisnis itu sederhana

Jangan anggap bisnis itu serumit pelajaran ekonomi. Perhitungan untung rugi maupun strategi pasti ada, tapi kamu akan handal seiring berjalannya waktu jika kamu tekun dan serius. Yang terpenting mulai dulu! Jika tidak ada yang kamu mulai, kamu tidak akan bisa menganalisis apapun untuk perkembangan bisnismu. Bentuk bisnis yang paling sederhana adalah jual-beli.

 

3. Mulai dari yang kamu suka

Tanya pada dirimu apa yang kamu senangi. Menggeluti sebuah kesenangan akan sangat terasa perbedaannya dengan yang tidak. Kecenderungannya kamu akan lebih semangat jika bersinggungan dengan sesuatu yang kamu senangi. Jadikan itu celah bisnismu, entah berjualan kecil-kecilan atau merancang sesuatu yang lebih besar. Intinya, sesuatu yang berhubungan dengan kesenangan.

 

4. Pilih yang resikonya kecil

Peluang bisnis itu bertebaran dimana-mana asalkan kita pandai melihat celahnya. Jika kamu tidak punya modal besar, jangan memulai dengan meminjam modal. Sebagai pemula, pilih bisnis yang resikonya paling kecil. Misalnya, kamu menjual barang orang dengan sistem konsinyasi. Laku bayar, tidak laku barang bisa dipulangkan. Kamu bisa sambil belajar strategi marketing tanpa terbebani modal besar.

 

5. Kalau orang lain bisa, kenapa kamu tidak?

Sebuah pemikiran yang akan menyelamatkan kamu dalam situasi rumit. Agar kamu tidak takut untuk memulai, yakinlah bahwa kamu tidak sendiri. Orang-orang sebelum kamu bisa merintis bisnis mereka bahkan hingga berkembang. Maka jika mereka bisa, kamu pun pasti bisa!

 

Yuk Sisters! Jangan menunda, ragu, apalagi takut untuk mulai bisnis. Rintis bisnis kecil-kecilanmu dari sekarang, jika kamu tekun dan kamu fokus menjalaninya, Insya Allah perlahan ia akan semakin besar. Mau kan punya penghasilan lebih besar lagi?

Leave a Reply