5 Tips Merawat Koleksi Sepatu

Sepatu menjadi salah satu kelengkapan kita beraktivitas. Keberadaan alas kaki satu ini sangat penting, selain untuk melindungi kaki dari sentuhan langsung dengan jalanan, sepatu juga merupakan fashion item yang wajib dimiliki. Setiap orang biasanya memiliki beberapa pasang sepatu untuk menunjang keperluannya pada berbagai event, seperti ke kantor, jalan-jalan santai, atau bahkan ke pesta. Untuk menjaga sepatu agar tetap awet dan bisa dipakai dalam waktu yang lama, berikut tips penting dari hijapedia.

 

1. Simpan di dalam kotak

Jangan sekali-sekali menyimpan sepatu dengan cara menumpuknya sembarangan apa lagi tanpa penutup. Simpan rapih satu sepatu di dalam sebuah kotak untuk menghindari sepatu terkena benturan-benturan dari luar. Jika ingin menggunakan dust bag atau suede bag, letakkan lagi di dalam rak yang tersusun rapih. Ini akan menjaga bentuk sepatumu tetap terjaga apa adanya.

 

2. Simpan dalam keadaan bersih

Setiap kali menggunakan sepatu dan kamu ingin menyimpannya kembali, usahakan simpan dalam keadaan yang sudah bersih. Bukan dalam keadaan kotor atau basah habis dipakai. Ini akan menghindari perkembangan jamur dengan cepat. Biasakan menyikat sedikit sepatu habis dipakai dengan sikat gigi dan jemur sesaat hingga kering.

 

3. Hindari udara lembab

Hindari menyimpan sepatu di ruangan yang lembab dan kurang cahaya. Menyimpan sepatu di kamar dengan pendingin ruangan atau gudang gelap akan membuat jamur lebih cepat tumbuh. Kalau bisa pilih kotak sepatu yang transparan, selain akan memudahkan kamu memilih sepatu, ini akan membuat cahaya masuk lebih banyak.

 

4. Paparan sinar matahari

Untuk menghindari tumbuhnya jamur, keluarkan koleksi sepatumu secara rutin ke udara bersuhu hangat yang terkena sinar matahari. Biarkan sirkulasi udara yang baik menyentuh sepatumu, Sisters. Jamur yang berkembang akan membuat sepatumu cepat rusak dan menciptakan aroma tidak sedap ketika dipakai.

 

5. Kenali material sepatu

Berbagai jenis sepatu diciptakan berbeda bentuk, fungsi, dan bahan. Dengan begitu perawatannya pun akan berbeda-beda. Kenali jenis bahan sepatumu terlebih dahulu. Sepatu berbahan kulit, suede, katun, atau kain sintetis akan beda perlakuannya.

 

Nah, jika koleksi sepatumu sudah bisa kamu jaga dengan baik, ini akan sangat menghemat pengeluaranmu di masa depan lho, Sisters. Kamu tidak usah terlalu sering beli sepatu baru, cukup menggunakan koleksi lamamu yang selalu tampak baru. Selamat mencoba!

Leave a Reply