Cara Mempertahankan Rumah tangga

Cara Mempertahankan Rumah tangga – Kalau Anda bilang perkawinan adalah puncak kebahagiaan, Anda salah. Mengarungi rumah tangga adalah babak baru dalam kehidupan. Tidak menutup kemungkinan pasangan suami istri akan dihadapkan berbagai macam persoalan, mulai dari orangtua, pekerjaan, orang ke-tiga dan masih banyak lagi. Beberapa orang dipaksa untuk menyerah karena perbedaan prinsib sehingga mengorbankan rumah tangga yang sudah bertahun-tahun dibangun dengan bersusah payah.

Cara mempertahankan rumah tangga pada teorinya adalah senantiasa menahan diri. Namun sayangnya tidak cukup. Anda butuh banyak hal untuk membuat biduk rumah tangga yang kokoh.

Cara Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Selalu Mencoba Untuk Tampil Menarik

Sudah menjadi fitrah manusia kalau selalu tertarik dengan hal yang indah-indah. Para suami atau istri, cobalah untuk selalu tampil menarik di hadapan pasangan meskipun di hari yang tidak sepsial sekali pun. Setidaknya cobalah untuk terlihat bersih, wangi dan terawat. Dengan cara sederhana seperti ini, pasangan akan selalu dekat dan ingin melihat Anda. Bahkan di Islam pun, selalu tampil menarik di hadapan pasangan sangat disarankan. Tampil menarik pun tidak harus dengan pakaian yang mahal.

Saling Memahami

Banyak sekali pasangan suami istri yang cerai karena tidak mau memahami pasangannya. Perlu diingat, Anda tidak bisa memaksakan kehendak dan memaksa pasangan untuk sependapat dengan Anda. Cobalah selalu menempatkan posisi di sudut pandang pasangan agar pertengkaran bisa dihindari. Kebanyakan orang saling menyalahkan dan menuduh pasangannya tidak mengerti keadaannya. Padahal dia sendiri yang selalu memaksakan kehendak dan meminta untuk selalu dimengerti. Ingat, batas kesabaran orang itu tidak sama. Bila Anda ingin rumah tangga yang langgeng, pahamilah pasangan dan jangan terus menyalahkan.

Selalu Percaya Pada Pasangan

Dalam suatu hubungan, perasaan takut akan ditinggalkan pasangan selalu menghantui setiap waktu. Apa lagi bagi yang menjalani hubungan jarak jauh. Jelas ini bukan perkara mudah. Kepercayaan merupakan bumbu langka dalam hubungan rumah tangga. Apa lagi kalau salah satu pasangan pernah kepergok berselingkuh. Sudah pasti mendapatkan kepercayaan tidak bisa 100% seperti dahulu. Akan ada rasa curiga kapanpun Anda atau pasangan dekat dengan orang lain. Bila ini terjadi secara terus menerus, bisa-bisa rumah tangga hancur karena saling menyakit dan menuduh.

Lalu, bagaimana cara mempertahankan rumah tangga apa bila keadaan seperti ini? Kuncinya adalah memaafkan dan selalu berusaha memberikan cinta dan kasih sayang kepada pasangan. Ini memang sulit, tapi coba Anda pikir lagi, sampai kapan Anda selalu menaruh curiga kepada pasangan? Ini juga akan menyakiti diri Anda sendiri pada akhirnya.

Menjaga Diri Dari Pandangan Orang Lain

Cara mempertahankan rumah tangga selanjutnya adalah menjaga pandangan dari orang lain. Seorang istri wajib meminta ijin kepada suami ketika ia akan pergi keluar bersama teman, tidak berdandan berlebihan, dan menjaga komunikasi dengan lawan jenis dengan berbicara seperlunya saja. Hindari juga menceritakan masalah rumah tangga dan aib suami kepada orang lain. Hal ini sangat rawan dan umumnya menjadi awal mula retaknya sebuah hubungan rumah tangga.

Sementara itu, cara menjaga keharmonisan rumah tangga juga harus dilakukan sang suami. Mereka juga harus pintar menjaga diri saat berkomunikasi dengan lawan jenis. Jangan sampai kebaikan disalah artikan lain. Apa lagi sampai menimbulkan api cemburu. Ini berbahaya. Selalu jujur pada istri adalah hal yang bijaksana karena ini tandanya Anda menganggap sang istri bukan orang lain, dan sang istri merasa dihargai.

Selalu Sabar dalam Menghadapi Suami atau Istri

Saat menghadapi situasi terburuk dalam menjalani biduk rumah tangga, hendaknya semua orang harus bersabar dan tawakal kepada Allah. Ingatlah bahwa masalah yang muncul dalam rumah tangga adalah cara Tuhan menguatkan menguji kekuatan kita dalam bersabar dan menuju righo-Nya. Yang pasti Anda tidak boleh mudah terbakar amarah dan percaya informasi yang belum jelas kebenarannya. Saat Anda dan pasangan diterpa gosip yang tidak-tidak, sebaiknya jangan langsung naik pitam. Konfirmasikan dulu kebenarannya. Jika memang yang diomongkan orang lain soal gosip yang menerpa rumah tangga Anda adalah benar, Anda wajib bersabar. Bicarakan dengan pasangan dan carilah jalan keluar agar hal yang sama tidak terjadi lagi. Buatlah komitmen baru serta maafkanlah pasangan Anda. Begitu pula sebaliknya.

Jangan Membandingkan Pasangan dengan Orang Lain

Bila Anda melakukan hal ini, Anda justru menyakiti perasaan pasangan Anda. Bahkan bisa jadi Anda belum bisa menerima kekurangan pasangan. Ingat, hindari membandingkan pasangan dengan orang lain. Siapa pun akan merasa sakit kalau diperlakukan seperti itu. Cara mempertahankan rumah tangga juga harus saling menjaga perasaan pasangan. Sebisa mungkin Anda tidak menyinggung perasaannya.

Terlepas dari tips di atas, cara menjaga keharmonisan rumah tangga juga melibatkan faktor lain, seperti selalu jujur, mengutamakan kepentingan keluarga dari pada kesenangan diri sendiri dan masih banyak lagi. Tidak mudah menjalani semua hal di atas, karena namanya karakter sudah pasti berbeda. Semoga kita mencapai tujuan pernikahan yang mulia dan direstui oleh Allah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here