6 Cara Agar Anak Gemar Membaca Al Quran Sejak Dini

Berbeda dengan jaman dahulu, saat ini anak-anak cenderung mengalami penurunan semangat dalam belajar Al Quran. Anak-anak lebih senang untuk menikmati acara televisi atau bermain game di gadget mereka. Tentu ini menjadi keprihatinan tersendiri dan Anda pun sebagai orang tua sudah bisa dipastikan tidak menginginkan kondisi ini terus berlarut. Inilah alasan utama untuk memberikan pendidikan dini kepada anak-anak akan pentingnya belajar membaca Al Quran dan mengamalkan apa yang ada di dalamnya.

cara mengajarkan anak gemar membaca al quran

Ada banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat anak-anak lebih senang untuk mempelajari Al Quran, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda coba:

  1. Sering-seringlah membaca Al Quran di depan anak Anda. Seorang anak memiliki naluri untuk mengikuti, dengan rutin membaca Al Quran di depan mereka, mereka pun akan penasaran dan secara tidak terencana alam bawah sadarnya pun akan menuntunnya untuk mengikuti orang tua membaca Al Quran.
  2. Sering memperdengarkan Ayat-ayat Al Quran kepada anak, baik melalui bacaan maupun media pemutar suara. Apabila anak terbiasa mendengar ayat Al Quran, mereka pun akan terbiasa dengan bahasa Al Quran. Sehingga akan lebih mudah baginya untuk belajar membaca Al Quran.
  3. Menceritakan kisah-kisah yang ada di dalam Al Quran kepada anak. Al Quran menggunakan bahasa Arab, sehingga anak-anak tidak dapat memahami apa maksud dari bacaan tersebut. Triknya adalah, Anda dapat menceritakan kepadanya mengenai kisah-kisah yang terdapat di dalam Al Quran, dengan demikian mereka akan lebih antusias untuk mempelajari Al Quran.
  4. Selain mengajarkan Al Quran secara langsung kepada anak, TPA juga bisa menjadi pilihan. Disini anak Anda akan bertemu dengan banyak teman, sehingga proses belajar pun menjadi lebih menyenangkan.
  5. Terus picu semangat anak untuk belajar Al Quran dengan memberinya apreasiasi seusai ia membaca atau ketika belajar Al Quran.
  6. Janjikan hadiah menarik untuknya. Tidak berlebihan untuk menjanjikannya hadiah ketika ia telah berhasil menyelesaikan satu tahap pembelajaran Al Quran. Hadiah justru akan membuatnya menjadi lebih bersemangat dalam belajat Al Quran.

Baca juga:
5 Nilai penting yang harus diajarkan orang tua kepada anaknya
Efek Bersikap Overprotektif pada Anak
Melindungi Anak dari Tindak Kekerasan Seksual

Leave a Reply