6 Cara Jitu Menimbulkan Minat Baca

Di zaman yang memanjakan mata dan pikiran dengan tulisan-tulisan pendek membuat generasi kita semakin jauh dari budaya membaca, apalagi teks bacaan panjang. Mungkin kita juga salah satunya ya, Sisters? Salah satu generasi yang gagap membaca, entah karena sudah terlalu malas atau memang tidak terbiasa dari dulu. Orang yang gemar membaca terbukti lebih berpengetahuan dibanding yang tidak, untuk itu menumbuhkan minat baca adalah sesuatu yang penting. Yuk simak ulasan berikut agar kamu bisa menimbulkan minat baca mu kembali.

  1. Baca tidak harus buku

Di era serba digital, media baca tidak lagi hanya terpaku pada buku atau media cetak lain. Media online pun kini telah terfasilitasi dengan berbagai jenis bacaan. Sudah bertebaran e-book yang bisa kamu baca kapanpun dan dimanapun lewat gadgetmu. Informasi yang disajikan juga beragam, latih dengan terus membaca.

  1. Membaca dan mengkoleksi buku itu keren!

Mendengarkan musik, nonton bioskop, makan, travelling adalah hobby yang bisa dibilang “mainstream” saat ini. Kebanyakan anak muda memiliki kegemaran tersebut. Tapi yakinlah, memiliki kesenangan membaca di masa ini merupakan satu dari sekian kesenangan yang keren! Membaca seakan bisa menaikan derajat pergaulan intelektualitasmu.

  1. Baca sesuatu yang kamu suka

Mulailah dengan membaca sesuatu yang kamu suka. Jika kamu suka memasak, perbanyak bacaan tentang memasak, jika kamu suka travelling, baca sebanyak-banyaknya literatur travelling. Begitu seterusnya hingga kamu terbiasa membaca sebuah teks yang panjang.

  1. Tulis review bacaan di blog

Biasanya menulis kembali review bacaanmu di blog pribadi dan mendapat apresiasi dari pembaca memiliki kepuasan sendiri. Kepuasan ini akan membuat kamu ketagihan untuk terus membaca dan meriview kembali hingga ini bisa menjadi pola kebiasaan baik.

  1. Sering pergi ke toko buku

Jika kamu pergi ke pusat perbelanjaan, sempatkan untuk masuk ke toko buku. Milieu yang ada di toko buku akan membuat kamu terdorong untuk membaca atau sekedar melihat-lihat bacaan. Lama-lama dorongan ini bisa membesar hingga kamu gemar dengan sendirinya.

  1. Miliki buku!

Meskipun media membaca tidak hanya buku, tapi memiliki buku akan memacu kamu untuk membaca. Melihat sebuah rak penuh isi buku kesukaan pasti akan membuat kamu bersemangat untuk kembali membaca koleksi-koleksimu.

Yuk dicoba, Sisters! Kita buat hari-hari kita dengan pembiasaan membaca. Siapa tau kebiasaan baik ini bisa berlanjut hingga mendarah daging dan bisa kamu tularkan pada anak-anakmu nanti.

Leave a Reply