6 Langkah Agar Persalinan Lancar

Kehamilan memang merupakan masa paling indah bagi seorang ibu. Berbagai upaya dilakukan demi pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat. Kebahagiaan tak tergambarkan pun meliputi calon ibu, calon ayah, maupun keluarga terdekat. Namun jika kehamilan sudah memasuki 9 bulan, rasa cemas, khawatir, atau bahkan takut kerap melanda. Proses kelahiran yang akan datang membuat perasaan sang calon ibu berdebar. Simak yuk tips agar para calon ibu bisa melewati masa persalinan dengan lancar :

 

1. Tenang dan percaya diri

Sisters, masa persalinan sudah di depan mata. Waktu itu Insya Allah akan segera datang kapan saja. Untuk menghadapi ini kamu harus tetap tenang, banyak perempuan di luar sana yang telah melewati tahap ini dengan baik. Tetap percaya diri bahwa kamupun bisa melewatinya dengan lancar.

2. Focus to be happy!

Dari sejak awal kehamilan, seorang ibu hamil harus diliputi perasaan senang dan tidak stress. Begitupun untuk menghadapi masa persalinan. Dukungan penuh dari suami dan lingkungan terdekat sangat penting. Jangan biarkan pikiran negatif mendominasi harimu. Lakukan kegiatan yang menyenangkan!

3. Senam hamil

Selain memiliki manfaat untuk kebugaran, senam hamil juga bermanfaat untuk melatih otot-otot tubuh agar tidak tegang. Biasanya gerakan senam hamil akan membuat sang calon ibu lebih rileks. Selain itu berkumpul di kelas senam hamil bersama ibu hamil lain akan membuat mood kamu baik.

4. Jalan pagi dan tetap beraktivitas

Jalan pagi adalah sebuah olah raga ringan yang harus dilakukan bagi mereka yang sedang menanti persalinan. Gerakan kaki akan membuat posisi bayi lebih mantap untuk masuk ke jalan lahir atau pinggul calon ibu. Jalan pagi sangat baik karena selain udara yang segar, calon ibu bisa merasa lebih produktif dan bahagia. Tetaplah beraktivitas seperti biasa.

5. Berdoa dan bertawakkal

Tidak ada yang dapat memprediksi proses kelahiran seseorang, bahkan dokter sekalipun. Apakah prosesnya normal atau harus melalui operasi. Apakah tahapnya pendarahan, pecah ketuban, atau flek ringan terlebih dahulu, semua tidak bisa diprediksi. Waktu nya pun demikian, bisa malam, pagi, siang, bisa kapan saja. Maka banyaklah berdoa, ketuk pintu langit sebanyak mungkin agar proses persalinanmu sesuai harapan.

6. Ajak bayi berbicara

Percaya atau tidak, selain berdoa, lakukan kontak batin sebanyak mungkin dengan calon bayimu. Ikatan emosional antara ibu dan anak tidak tergambarkan besarnya. Ajak ia untuk juga bisa sama-sama berjuang selama proses persalinan nanti. Banyak pengalaman, hal ini sangat bermanfaat untuk sang ibu dan sang bayi.

Sisters, jika banyak perempuan di luar sana mampu melewati proses persalinan dengan baik, kenapa kamu tidak? Insya Allah balasan syurga menanti bagi seorang ibu yang berjuang di dalam proses ini. Tetap tenang dan positif ya!

Leave a Reply