6 Manfaat Besar Menulis

Sisters, apakah kamu merupakan salah satu dari sekian banyak orang yang memiliki hobi menulis? Sudah tahu belum kalau menulis itu memiliki banyak sekali manfaat baik untuk diri sendiri dan bahkan orang lain? Kita simak yuk beberapa ulasan berikut ini.

  1. Mengasah kemampuan bicara

Semakin kita sering menulis dan menuangkan gagasan, akan semakin tajam pula daya pikir dan analisa terhadap sesuatu. Selain itu menulis juga bisa mengasah kemampuan bicara di depan umum. Kebiasaan mengatur kalimat di dalam tulisan akan membuat alam bawah sadar kita melatih kemampuan berkomunikasi.

  1. Catatan penting bagi generasi

Menulis adalah salah satu media kita meninggalkan catatan sejarah bagi generasi selanjutnya. Lebih mudah dan efektif mengabadikan cerita lewat tulisan daripada media lainnya. Selain sederhana, tulisan bisa menggapai semua kalangan untuk membaca.

  1. Sarana penghilang stress

Bisa menuangkan pikiran ke dalam bentuk tulisan mampu melepaskan beban yang sedang diemban oleh seseorang. Sama hal nya dengan bercerita dan menuangkan isi hati kepada orang lain, menuangkannya lewat tulisan juga sama efektifnya, bahkan lebih besar kebaikannya. Karena lewat tulisan kita cenderung bisa menahan emosi dalam berkata-kata.

  1. Dakwah

Tidak menutup kemungkinan kita bisa menjadi salah satu agen muslim yang baik melalui tulisan. Lagi-lagi jika gagasan kita bisa membantu menyampaikan nilai islam kepada semakin banyak orang yang membaca, menulis bisa menjadi salah satu sarana dakwah lho.

  1. Memberi motivasi

Banyak cerita dan kisah yang ditulis mampu mengisnpirasi orang yang membacanya. Baik itu kisah nyata atau fiksi sekalipun. Daya imaginasi penulis bisa membawa manfaat tersendiri bagi pembaca, oleh karena itu menulis itu penuh tanggung jawab, terlebih jika untuk konsumsi publik.

  1. Sumber penghasilan

Menulis bisa menjadi ajang kamu mencari penghasilan lho, Sisters! Coba cari peluang menulis di media publik untuk melatih kemampanmu. Ajukan draft tulisanmu kepada penerbit atau coba terbitkan bukumu sendiri. Bahkan menulis di blog pun bisa menjadi salah satu cara yang menghasilkan lho!

Nah, bagi kamu yang benar-benar memiliki hobi menulis, yuk terus mengasah kemampuan menulismu. Cari sebanyak-banyaknya kesempatan untuk membuat tulisanmu menjadi lebih baik dan bermanfaat.

Leave a Reply