6 Persiapan Pemberian ASI Eksklusif untuk Working Mom

Allah telah menciptakan air susu pada seorang ibu pasca melahirkan untuk memberi makan anak nya. Lewat ASI (Air Susu Ibu) segala kebutuhan bayi terpenuhi hingga tiba waktunya masa ia makan nutrisi lain. Namun tidak semua ibu bisa memberikan asi secara langsung kepada bayinya, salah satunya jika ia adalah seorang working mom atau ibu yang juga bekerja. Nah Sisters, kalau kamu sedang menanti kelahiran atau sedang memasiki fase ini, berikut hal yang harus kamu persiapkan untuk dapat tetap memberikan ASI eksklusif untuk bayimu.

 

1. Yakin dan niat

Yakinlah bahwa ASI yang diciptakan Allah adalah makanan terbaik untuk bayimu. Tidak ada makanan lain yang lebih baik dari ASI. Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif selama 2 tahun terbukti memiliki kecerdasan lebih dibanding mereka yang mengkonsumsi susu formula. Untuk itu kamu harus niatkan keras untuk tetap bisa memberikan ASI eksklusif meskipun kamu bekerja.

 

2. Siapkan alat “tempur” ASI

Sebelum melahirkan, persiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk memompa, menyimpan, dan memberikan ASI. Alat yang harus kamu persiapkan seperti breast pump / pompa asi, botol penyimpan asi, freezer, cooler bag, ice gel, hingga botol dot untuk bayi minum asi setelah dipompa. Persiapkan freezer yang luas hingga bisa menampung cadangan ASI mu.

 

3. Tabung ASI sedini mungkin

Biasanya waktu cuti melahirkan untuk perempuan adalah 3 bulan, kita harus memanfaatkan waktu ini dengan baik. Selama di rumah, ada baiknya pelan-pelan mulai mencicil tabungan ASI mu. Pompa sedikit demi sedikit dan simpan di wadah penyimpan ASI, kemudian bekukan di freezer. ASI beku bisa taham hingga 6 bulan jika disimpan dengan suhu stabil.

 

4. Persiapkan pengasuh dengan baik

Tentu saja saat tiba waktu masuk kerja, kamu butuh seseorang untuk membantu mengasuh bayimu. Pilih pengasuh yang terbaik, biasanya jika bayi dititipkan pada keluarga dekat, perawatan dan pengasuhan lebih terjamin. Persiapkan pengasuh untuk bisa menyajikan tabungan ASI kepada bayi. Dari mulai higienitas hingga metode pemberian ASI.

 

5. Berikan ASI kapanpun bayi mau

Saat kamu pulang ke rumah dan sedang berada bersama bayimu, berikan ASI kapanpun bayimu ingingkan. Pemberian ASI secara langsung adalah cara terbaik untuk menciptakan ikatan antara ibu dan anak. Ibu juga bisa terhindar dari resiko kanker payudara dan kegemukan. Bayi tentu merasa jauh lebih nyaman.

 

6. Jangan menyerah

Ada yang bilang jika kita sedang menyusui, maka menyusuilah dengan keras kepala. Artinya jangan menyerah untuk memberikan ASI. Memperjuangakan pemberian ASI eksklusif terutama bagi working mom tantangannya sangatlah besar, oleh karena itu jangan pernah menyerah, Sisters!

 

Lakukan hal-hal di atas untuk benar-benar memberikan kamu kesiapan untuk berjuang memberikan ASI meskipun sedang bekerja. Jika banyak ibu di luar sana bisa, mengapa kamu tidak?

 

Leave a Reply