7 Rahasia Sukses Wawancara Kerja

Assalamualaikum, Sisters! Pernahkah kamu menjalani serangkaian seleksi untuk dapat diterima bekerja di sebuah tempat kerja impianmu? Atau kamu sedang melakukan seleksi tersebut? Umumnya, diantara serangkaian seleksi yang dilakukan, akan selalu ada tes wawancara. Pada tahap ini, kamu akan ditantang untuk menampilkan kepribadianmu secara langsung. Sangat lumrah jika ada perasaan takut, grogi, ragu, serta berbagai perasaan pesimis lain nya, tapi ada lho cara untuk melewati tahap wawancara ini dengan sukses. Coba cek yuk!

1. KnowledgeHijapedia It's Your Community (7)

Sebelum datang wawancara, pastikan kamu sudah benar-benar memiliki pengetahuan yang cukup tentang perusahaan atau tempat kamu akan bekerja. Bagaimana sejarah singkatnya, bergerak di bidang apa, seperti apa lini bisnisnya berjalan, dan sebagainya. Bekali pula dengan pengetahuan akan job description dari posisi yang kamu inginkan.

2. Confident

Ada yang bilang bahwa percaya diri adalah karakter, jika kamu memilikinya, maka selebihnya kamu dapat mengendalikan semuanya. Gunakan media cermin untuk kamu berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kiranya akan ditanyakan saat wawancara. Kalau perlu siapkan jawaban dengan dua bahasa, sehingga jika dibutuhkan kamu akan siap menjawabnya. Persiapkan diri untuk menjawab dengan yakin dan penuh percaya diri.

3. Your looks define you

Penampilan memang bukan yang utama, tapi lewat penampilan kamu akan meninggalkan sebuah kesan pertama. Kesan apa yang ingin kamu tunjukan pada pewawancara? Dewasa? Pintar? Tangguh? Kekanakan? Penampilan mu di hari itu akan membantu menunjukannya. Pilih pakaian yang senyaman mungkin sehingga kamu juga tidak terganggu konsentrasinya.

4. Don’t be Rushy

Terburu-buru biasanya merupakan awal yang kurang baik, apalagi jika kita mau melakukan tes wawancara. Untuk menyiasati hal ini, perkirakan jam keberangkatan dan jam kedatangan mu di lokasi. Kalau perlu, survey terlebih dahulu lokasi yang ditentukan sehingga kamu bisa memiliki perkiraan yang lebih presisi. Datang beberapa menit lebih awal lebih baik.

5. Make your self calm

Tenang, ini adalah kunci penting dari keberhasilanmu. Rasa takut dan cemas mungkin sering datang, namun cobalah buat dirimu nyaman dan tenang di hari itu. Datang lebih awal, beli secangkir teh atau kopi, tarik nafas, dan fokus.

6. Bargain your self

Kamu harus yakin bahwa kamu memiliki sesuatu di dalam dirimu yang patut dihargai. Tunjukan kemampuan yang kamu miliki dan pegang teguh hal itu. Tunjukan bahwa kamu pantas.

7. Berdoa

Jangan sepelekan doa. Kekuatan doa sama kuatnya dengan kekuatan usaha. Semakin banyak pintu langit diketuk, maka akan semakin besar kemungkinan ia terbuka untukmu.

So, be ready Sisters! Kamu adalah perempuan hebat yang bisa melewati hari mu dengan baik. Jangan khawatir lagi untuk menghadapi tes wawancara seperti ini. Asal kamu yakin, kamu pasti bisa!

Leave a Reply