6 Pertanda Kamu Harus Mulai Berbisnis

Tidak semua orang mampu dan berani mengambil keputusan untuk memulai bisnisnya sendiri. Entah rasa takut, tidak percaya diri, persoalan modal atau terlalu banyak pertimbangan lainnya. Akhirnya bisnis pun tidak kunjung dimulai. Padahal Rasulullah saw menganjurkan kita untuk berdagang atau berbisnis. Nah, coba cek lagi apa kamu sudah merasakan tanda-tanda berikut. Jika sudah, mungkin sudah saatnya kamu mulai berbisnis.

1. Kamu merasa karir mu mandek

Bekerja sudah bertahun-tahun dan masih menduduki jabatan itu-itu saja. Pengetahuan dan kemampuan tidak ada akselerasi sama sekali. Kepercayaan dari pimpinan akhirnya tidak juga bertambah. Jika sudah begini, apa benar kamu selamanya mau seperti ini? Mungkin sudah saatnya kamu ambil keputusan untuk mulai berbisnis!

2. Kamu butuh penghasilan tambahan

Penghasilan mu masih berkisar di angka yang sama, tapi kebutuhan sudah semakin banyak. Dari mulai kebutuhan makan, cicil rumah, kendaraan, sekolah anak, tabungan, dll. Akhirnya kamu mulai merasa butuh ada penghasilan tambahan. Nah! Saat ini adalah saat yang tepat untuk kamu mencari dan  memilih bisnis yang cocok dengan mu.

3. Kamu bosan dengan rutinitas kantor

Berangkat pagi lalu pulang sore atau malam. Menikmati kemacetan ibu kota di jam-jam itu dapat meningkatkan stress dan rasa jenuh. Jika kamu sudah merasa enggan untuk melalui hari seperti ini, mungkin saatnya kamu mempertimbangkan untuk mencari rutinitas lain dalam mencari uang. Bisnis adalah pilihan yang paling tepat!

4. Kamu butuh keleluasaan waktu

Senin hingga jumat, pagi hingga malam, terkadang lembur dan dinas ke luar kota. Waktumu sangat tersita oleh urusan kantor. Apa lagi jika deadline datang, tidak ada pilihan lain selain lembur demi kerjaan selesai. Konsekuensinya waktu bersama keluarga dan teman kian menipis. Kamu harus merdeka dengan waktu mu. Coba pikirkan kembali tentang memulai bisnismu sendiri.

5. Kamu lebih suka jadi pimpinan

Kamu selalu merasa ingin membenahi sesuatu dengan caramu. Kamu berinisiatif tinggi di kantor untuk merubah sebuah sistem sesuai dengan analisamu. Kamu bisa mendelegasikan tugas ke orang lain dengan mudah. Tipikal ini adalah tipikal owner, bukan karyawan. Dengan memiliki bisnis sendiri, kamu akan mendapat keleluasaan ini.

6. Kamu adalah seorang marketing di kantor

Umumnya, jika kamu memiki jabatan sebagai marketing di kantormu, sedikit banyak kamu memiliki kemampuan untuk berjualan produk. Kamu mulai bisa membaca kebutuhan pasar dan konsumen. Nah, kelebihan ini harus pandai kamu olah agar kamu bisa benar-benar bisa memasarkan produkmu sendiri. Pertajam daya analisamu terhadap pasar.

Nah Sisters, sudah mulai merasa tanda-tanda di atas? Mungkin sudah saatnya kamu memutuskan untuk memulai bisnismu sendiri. Punya bisnis sendiri itu asyik lho! Selain bisa mendapat penghasilan, kamu juga bisa lebih leluasa mengatur waktumu sehari-hari.

Leave a Reply