6 Tips Perawatan Rambut Bagi yang Berjilbab

Rambut merupakan mahkota perempuan, tidak terkecuali bagi Anda yang mengenakan hijab. Sebagaimana kita ketahui bahwa berjilbab merupakan kewajiban bagi wanita muslimah yang telah memasuki usia baligh,tidak hanya itu saja, hijab bahkan saat ini telah menjadi trend fashion tersendiri. Perkembangan trend hijab saat ini telah berhasil memadukan beragam jenis dan model kerudung dengan kreasi cara mengenakannya, sehingga para muslimah pun kini tetap dapat tampil modis dan syar’i dalam berjilbab. Namun sayangnya sebagian besar dari hijabers cenderung mengabaikan kesehatan rambut mereka, dengan alasan rambut tidak terlihat dan tidak ada yang memperhatikan, mereka pun ogah-ogahan untuk merawat rambut. Sehingga berbagai masalah pun muncul, seperti rambut kering, rambut kerbetombe, rambut rontok dan lain sebagainya. Anda tentu tidak menginginkan hal ini terjadi bukan?

rambut, hijab

Wanita berjilbab membutuhkan perawatan khusus untuk rambut mereka agar tetap sehat, berikut adalah Tips Perawatan Rambut Bagi yang Berjilbab yang dapat Anda ikuti:

  1. Bersihkan rambut dengan berkeramas secara rutin 2-3 kali dalam seminggu.
  2. Gunakan shampoo dan conditioner yang sesuai dengan jenis rambut Anda, apakah Anda memiliki rambut yang kering atau cenderung berminyak. Karena setiap shampoo dan produk perawatan rambut lainnya diformulasikan khusus dengan bahan dan tujuan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.
  3. Keringkan rambut dengan menggunakan handuk lembut dan jangan menggosoknya secara kasar, hindari penggunaan hair dryer, curling iron atau alat-alat lain serupa karena dapat memicu terjadinya kerusakan pada rambut.
  4. Jika dibutuhkan Anda dapat melakukan perawatan rambut seperti hair spa atau creambath untuk memastikan rambut tetap sehat dan terawat.
  5. Pilih hijab yang tidak panas dan nyaman ketika digunakan. Bahan katun atau kaos bisa menjadi pilihan karena kedua bahan ini memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga tidak panas saat dikenakan dan rambut pun tetap memiliki kesempatan bernafas.
  6. Tips Perawatan Rambut Bagi yang Berjilbab/Berhijab terakhir adalah dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi untuk rambut, yakni makanan yang mengandung omega-3 seperti produk susu untuk kecantikan wajah, telur, ikan salmon dsb.

Baca juga:
Rambut Sehat Terawat Meski Tertutup Jilbab
Mengatasi Rambut Ketombe
Tips Menghilangkan Rambut Rontok
4 Adab berhias bagi wanita menurut Islam

Leave a Reply