6 Tips Wawancara Kerja Untuk Fresh Graduate

Mayoritas perusahaan memang selalu mengutamakan fresh graduate dalam merekrut karyawan baru. Akan tetapi, minimnya pengalaman dalam menghadapi wawancara kerja di dunia profesional menjadi alasan para fresh graduates gagal dalam proses tersebut. Karenanya dibutuhkan periapan dan strategi yang tepat agar Anda para fesh graduates dapat berhasil alam menyelesaikan tahapan wawanara kerja yang mana kita tahu bahwa tahapan ini sangat menentukan. Memang adalah hal wajar ketika Anda melakukan kesalahan ketika menjalani sesuatu untuk pertama kali, termasuk juga ketika pertama kali menghadapi wawancara kerja. Karenanya sebelum menghadiri wawancara kerja untuk pertama kali, ada hal-hal yang harus Anda perhatikan.

tips tips interview kerja untuk fresh graduate

Berikut ini adalah tips wawancara kerja untuk fresh graduate yang dapat Anda ikuti:

1. Kenali dengan baik bagaimana profil perusahaan tempat Anda akan melakukan wawancara kerja, ini termasuk bagaimana budaya berbusana serta gambaran umum tentang perusahaan tersebut. Ini akan membantu Anda para dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan.

2. Kenakan pakaian yang tepat, sebaiknya untuk menghadiri wawancara kerja hindari mengenakan pakaian casual karena ini akan memberikan kesan kurang profesional.

3. Pilih pakaian serta aksesoris penunjang yang membuat Anda nyaman dan percaya diri serta sesuai dengan lingkungan atau perusahaan tempat Anda akan melamar kerja.

4. Tips wawancara kerja untuk fresh graduate selanjutnya adalah Anda harus menjawab setiap pertanyaan yang diajukan dengan penuh rasa percaya diri dan yakin, perasaan minder dan kurang percaya diri hanya akan mengurangi penilaiaan pewawancara terhadap Anda.

5. Ceritakan tentang diri Anda. Pertanyaan ini tidak berhubungan tentang diri Anda secara personal, karena pewawancara tentu tidak tertarik dengan hobi atau ambisi Anda yang tidak berkaitan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Sbaiknya fokus untuk menceritakan prestasi akademik maupun prestasi lain yang Anda miliki yang tentu saja harus berhubungan dengan bidang pekerjaan tersebut.

6. Pewawancara biasanya tidak akan melewatkan pertanyaan mengenai kelemahan Anda, karena ini merupakan pertanyaan populer untuk para fresh graduate. Ini merupakan pertanyaan jebakan yang tentu saja harus Anda sikapi dengan bijak. Cobalah untuk menyampaikan kekurangan Anda sebagai sebuah aset yang tersamarkan.

Leave a Reply