6 Trik Travelling Bersama Bayi 6-12 bulan

Dear Sisters, memiliki buah hati terutama di usia 6-12 bulan yang sudah mulai makan makanan padat, memang butuh perhatian yang ekstra. Mereka belum boleh makan makanan keluarga yang mengandung gula, garam, dan lainnya, namun sudah harus mendapat asupan tambahan selain ASI. Kondisi ini kian menjadi tantangan ketika kita ingin bepergian jauh. Terutama bagi kamu yang memiliki hobi travelling atau jalan-jalan baik ke luar kota atau ke luar negeri, banyak persiapan yang harus dilakukan. Yuk kita intip beberapa tips berikut ketika kamu ingin bepergian dengan buah hati pada usia ini.

 

1. Siapkan cemilan

Siapkan selalu makanan ringan yang siap dikonsumsi, kondisi perjalanan terutama jika melalu jalur darat terkadang suka sulit ditebak. Pada usia 6-12 bulan adalah saatnya kita melatih anak mengenali rasa lapar dan kenyang, oleh karena itu cemilan harus tetap ada dan diberikan pada jam-jam tertentu.

 

2. Bawa mainan

Kejenuhan selama perjalann membuat kita harus menyediakan mainan atau benda kesukaannya. Rewel akibat tidak nyaman atau kelelahan akan sedikit terobati dengan benda-benda ini. Siapkan beberapa mainan sehingga anak tidak bosan dan jenuh. Letakan mainan di tempat yang selalu dapat dilihat olehnya.

 

3. Kereta bayi praktis dan kokoh

Di usia ini,membawa kereta bayi atau stroller adalah kewajiban. Selain akan membuat bayi nyaman karena terlindung dari angin sehingga mereka bisa tertidur, ini juga akan mempermudah ruang gerak orang tua. Pilih kereta bayi yang dapat dilipat kecil namun tetap kokoh.

 

4. Bawa bahan makanan

Keharusan menyediakan makanan untuk buah hati membuat kita harus sedikit repot menyiapkan beberapa bahan makanan inti untuk buah hati. Bawa alat untuk memasak bubur beserta semua bahan-bahan lainnya. Selalu menyediakan nutrisi terbaik tidak boleh luput meskipun kita sedang bepergian. Memberi makanan instan sebaiknya jangan dilakukan setiap waktu, atau berikan pada keadaan yang benar-benar darurat.

 

5. Cek lokasi tujuan

Tentu saja sebelum mulai bepergian, kita harus memastikan apakah lokasi tujuan memiliki lingkungan yang nyaman untuk buah hati. Pastikan suhu udara, perlengkapan di penginapan seperti kulkas atau colokan listrik, ketersediaan air hangat dan sebagainya. Ini menjadi pertimbangan utama sebelum menetapkan destinasi perjalanan.

 

6. Bawa kantong penyimpanan

Selalu sediakan kantong plastik atau kantong kertas atau wadah untuk menyimpan sampah. Pada usia ini, selain berguna untuk membuang bekas popok kotor, kantong penyimpanan akan sangat berguna untuk tempat baju kotor, tissue, dan lain sebagainya. Menjaga lingkungan tetap bersih menjadi kewajiban kita bukan?

 

Nah Sisters, memiliki hobi travelling atau jalan-jalan baik ke luar kota atau ke luar negeri bukan menjadi halangan bagi ibu muda seperti kamu kan? Bahkan, jika kita melakukan perjalanan dengan buah hati bisa sangat bermanfaat pula bagi anggota keluarga lain seperti ayah dan kakak. Mereka bisa bahu membahu ikut membantu mengasuh selama perjalanan hingga tercipta kehangatan. Selamat mencoba!

Leave a Reply