7 Cara Jitu “Maintain” Online Shop

Memiliki bisnis online atau biasa dikenal sebagai online shop merupakan sebuah tren menarik yang bermanfaat untuk memberi kemandirian finansial bagi masyarakat. Siapa saja bisa memiliki online shop, hanya dengan modal gadget, koneksi internet dan kamera, sebuah online shop sudah bisa dibentuk. Nah, khusus untuk kamu yang sudah memiliki online shop, ada beberapa trik khusus yang harus kamu lakukan agar online shop mu bisa terus bertahan di antara persaingan online shop lainnya.

  1. Testimoni kepuasan pelanggan

Selalu minta testimoni pelanggan yang puas akan pelayanan online shop mu. Pasang testimoni ini di halaman utama online shop kamu. Testimoni pelanggan merupakan tanda bahwa sebuah online shop memiliki kredibilitas baik. Jika sudah banyak testimoni maka akan semakin banyak orang dengan mudah percaya untuk berbelanja.

  1. Foto adalah etalase!

Ibarat sebuah etalase toko, foto di online shop adalah cara pelanggan mengenali produk yang kamu jual. Semakin bagus dan menarik kualitas foto yang kamu tampilkan, maka semakin tinggi daya pikatnya bagi pembeli. Makanya kamera adalah modal penting bagi bisnis online saat ini. Pelajari trik mengambil gambar yang paling menarik.

  1. Pilih jasa pengiriman terpercaya

Hal yang tidak bisa dipisahkan dari online shop adalah jasa ekspedisi atau pengiriman barang. Semua transaksi yang dilakukan akan berhubungan dengan cara barang itu sampai ke tangan pembeli. Semakin cepat dan aman sebuah barang sampai ke tangan pembeli akan sangat berpengaruh pada kredibilitas online shop kamu.

  1. Quality control

Jika pembeli tertarik dengan foto yang kamu pajang, kemudian transaksi pembelian berhasil terlaksana, lalu jasa ekspedisi melakukan tugasnya dengan baik, maka selanjutnya kepuasan terletak pada kualitas barang yang kamu jual. Jika pelanggan puas, ia akan melakukan order selanjutnya. Maka jual barang yang berkualitas agar online shop mu memiliki banyak pelanggan.

  1. Kecepatan merespons pembeli

Seorang pembeli akan sangat senang jika pertanyaan mereka dijawab dengan cepat dan lengkap. Karena basis bisnis online shop adalah kepercayaan, maka interaksi pertama dengan pembeli adalah cara awal untuk membangunnya. Siapkan admin yang siap menjawab pertanyaan pembeli dengan sigap.

  1. Berikan harga spesial

Ciptakan sebuah sistem yang menarik, berikan harga khusus bagi pembelian barang lebih dari 1 item. Bedakan harga jika pembeli membeli barang retail atau grosir. Selain akan memicu pembeli untuk membeli barang lebih banyak, ini akan membuat pembeli grosir lebih dihargai.

  1. Inovasi promosi

Promosi adalah hal yang tidak boleh berhenti dilakukan. Jangan melakukan promosi monoton, pilih cara-cara promosi yang paling menarik. Sesuaikan dengan musim, hari besar, maupun keadaan sosial yang sedang marak.

Sisters, ada yang bilang mempertahankan itu lebih sulit dari mendapatkan. Maka online shop yang telah kita bangun harus selalu kita maintain keberlangsungannya. Selamat mencoba!

 

Leave a Reply