7 Keuntungan Mengkoleksi Emas

Dear Sisters, apa kamu punya kesukaan pada perhiasan emas seperti cincin, gelang, atau kalung? Sudah tau belum kalau kesukaan kamu ini ternyata merupakan hobi yang sangat menguntungkan? Emas bisa jadi ladang kamu berinvestasi untuk masa depan lho! Kalau kamu belum mengetahui secara detil, kali ini hijapedia membuat daftar keuntungan dari hobi koleksi emas yang juga dilansir oleh berbagai sumber :

1. Perhiasan cantik

Sebagai perempuan, perhiasan emas dapat mempercantik penampilan mu. Perhiasan emas bisa kamu gunakan pada acara tertentu seperti pernikahan atau hajatan lain nya. Kesan cantik dan feminin akan membuat penampilan kamu lebih anggun. Ingat, jangan berlebihan ya!

2. Harga emas cenderung stabilHijapedia It's Your Community (170)

Emas merupakan salah satu cara investasi yang dianjurkan oleh Islam. Harganya juga cenderung stabil naik dibandingkan dengan investasi lain seperti saham yang masih diragukan kehalalannya. Rata-rata kenaikan harga emas setiap tahun sekitar 20%.

3. Emas mudah dijual

Emas adalah investasi yang sangat cair. Artinya, emas dapat dijual kapan saja dengan mudah. Komoditi ini sangat mudah diperjual belikan di masyarakat. Jika kamu dalam keperluan mendesak hal ini bisa sangat diandalkan lho Sisters.

4. Awet dan tidak karat

Emas adalah komoditi yang awet dan anti karat. Emas tahan lama dan penyimpanan nya pun sangat mudah. Tidak perlu perawatan khusus seperti perhiasan lain nya. Cukup disimpan di dalam brankas besi. Tidak akan robek, lecek, atau rusak seperti uang.

5. Tidak kena pajak

Seperti yang dilansir oleh gatra.com, emas bebas pajak. Hal ini berdasar pada peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor 15/Pj/2011 Tentang Perubahan Atas Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor Per-57/Pj/2010, Tentang Tata Cara Dan Prosedur Pemungutan Pajak Penghasilan Pasal 22 Sehubungan Dengan Pembayaran Atas Penyerahan Barang Dan Kegiatan Di Bidang Impor Atau Kegiatan Usaha Di Bidang Lain. Bagi setiap pemilik emas batangan seberapa pun berat dan banyaknya tidak akan dikenakan pajak, karena emas merupakan komoditi produksi.

5. Tabungan masa depan

Tentu saja emas adalah investasi masa depan. Emas sangat cocok menjadi investasi jangka panjang karena harga emas apalagi jika dalam 10 tahun ke depan akan naik berlipat-lipat. Hal ini akan sangat menguntungkan jika kamu gemar mengumpulkan emas dari sekarang. Bisa kamu gunakan untuk dana pendidikan, kesehatan, bahkan tabungan haji.

6. Emas sebagai bisnis

Jika kamu sangat gemar mengkoleksi emas atau bahkan sampai memahami betul seluk beluk investasi emas, kamu bisa lho membuka bisnis jual beli emas. Atau emas yang kamu punya bisa kamu gadai sementara untuk modal usaha. Hal ini sangat bisa kamu lakukan.

7. Anti inflasi

Tidak seperti uang yang nilainya mengalami penurunan setiap tahun karena angka inflasi, justru emas bisa menangkal inflasi. Nilai uang yang cenderung menurun dari waktu ke waktu memiliki perbedaan sifat dengan emas. Semakin lama emas disimpan, maka nilainya akan semakin bertambah di masa mendatang.

Nah Sisters, hobi mengkoleksi emas bukan kuno lho! Itulah mengapa mungkin orang tua kita dulu sangat suka dengan emas. Selain bisa tampil manis, emas juga bisa menjadi investasi yang sangat menguntungkan. Apa kamu sudah mulai mengkoleksi emas?

Leave a Reply