7 Resep “Ngemil” Sehat ala Hijapedia

Kamu mungkin tidak sendirian jika kamu adalah orang yang suka ngemil alias makan makanan ringan (snack). Namun hal ini seringkali membuat kita khawatir akan memberi pengaruh pada timbangan berat badan maupun kesehatan. Biasanya orang yang suka ngemil sangat dekat dengan resiko kegemukan. Gemuk sendiri bisa memiliki resiko kesehatan turunan seperti obesitas, jantung, dan lain sebagainya.

Cukup sulit memang untuk benar-benar menghentikan kegemaran ngemil  ini. Salah satu yang bisa kita lakukan adalah mensiasati jenis cemilan yang kita makan. Simak tips alternatif cemilan berikut ini yuk, Sisters!

1. Softdrink ke jus buahhijapedia manfaat jus pare untuk kesehatan

Kalau kamu salah satu penggemar minuman ringan kemasan, segera ganti jenis minuman mu. Minuman ringan jenis ini memiliki kadar gula yang cukup tinggi. Ganti minuman mu dengan sari buah atau jus. Manis alami dari rasa buah akan tetap membuat mu merasa segar.

2. Mie ke serealia

Mie adalah salah satu jenis makanan yang cukup berat jika dikategorikan sebagai makanan ringan. Namun seperti kebanyakan orang Indonesia, biasanya mie merupakan makanan selingan selain nasi. Siasati konsumsi mie dengan menggantinya dengan makanan berbahan dasar serealia seperti oat, gandum, atau beberapa jenis biji-bijian lain.

3. Fried to boiled, steamed, or baked.

Mulai ganti cemilan mu dari yang proses pembuatannya digoreng menjadi makanan yang pembuatannya direbus, dikukus, atau dipanggang. Penggunaan minyak berlebih tidak bagus untuk kesehatan. Gunakan sesedikit mungkin minyak dalam makanan mu.

4. Permen ke buah kering

Mengkonsumsi permen memang sangat memanjakan pecinta cemilan manis. Untuk mendapatkan rasa manis alami ini, coba ganti permen mu dengan berbagai buah kering yang ada di pasaran seperti kismis, kurma, atau buah-buahan lain nya.

5. Keju ke mentega tawar 

Aroma keju memang sangat sulit untuk ditolak. Namun kadar lemak dan garam yang ada di dalam keju harus kita perhitungkan. Kegemaran pada keju bisa diganti dengan mentega tawar (tanpa garam).

6. Susu ke yoghurt

Susu memang baik untuk kesehatan, tapi bagi mereka yang gemar mengkonsumsi susu kemasan di pasaran, lebih baik mulai menggantinya dengan yoghurt. Kandungan kalsium pada yoghurt juga sangat bagus jika dibandingkan dengan susu.

7. Kurangi garam dan gula

Usahakan buat sendiri cemilan kesukaan mu. Jika kita mengolah sendiri makanan kita, maka komposisi makanan akan dengan mudah kita atur. Cobalah perlahan kurangin konsumsi garam dan gula. Pilih makanan yang sudah memiliki rasa manis dan asin yang alami seperti buah-buahan, umbi-umbian, dan lain sebagainya.

Nah, sekarang sudah tidak khawatir lagi kan untuk tetap ngemil. Hal terpenting adalah atur porsi cemilan serta jenis cemilan mu. Ikuti dulu langkah di atas, maka kamu bisa mensiasati hobby mu ini dengan tenang. Jadi, sudah pilih cemilan apa hari ini?

Leave a Reply