7 Tipe Pembelanja, Termasuk Yang Manakah Anda?

Berbelanja merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, apalagi jika Anda berhasil membeli barang yang selama ini sangat Anda inginkan. Namun meski belanja menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan, tidak jarang ia akan menimbulkan kekecewaan dan rasa menyesal di kemudian hari. Tentu saja ini tergantung pada bagaimana Anda menilai dan menempatkan aktivitas belanja itu sendiri.

Hijapedia

Berikut ini adalah 7 tipe pembelanja, termasuk yang manakah Anda?

1. Fanatik Terhadap Merk
Tipe pembelanja seperti ini akan cenderung lebih fokus pada merk ketika berbelanja sebuah barang, terlepas dari mereka cocok atau tidak, butuh atau tidak mereka akan membelinya selama barang tersebut bermerk dan keluaran dari designer ternama. Tipe pembelanja ini cenderung senang memamerkan barang dan senang mendapatkan pujian.

2. Senang Menawar
Tipe pembelanja seperti ini akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan penawaran harga yang murah. Biasanya tipe ini akan lebih rajin berkunjung ke mall untuk memeriksa diskon. Terlepas dari kemampuan finansial mereka, tipe pembelanja hanya akan mendapatkan kepuasan saat ia berhasil membeli barang dengan harga yang murah.

3. Pelanggan Setia
Tipe pembelanja ini akan sangat fanatik terhadap toko yang menjadi langganan mereka, tidak peduli ada toko lain yang lebih berkualitas dengan penawaran harga murah.

4. Tidak Mau Rugi
Tipe pembelanja ini tidak akan bersedia untuk membayar tanpa mencoba untuk menawarnya terlebih dahulu, tujuannya tidak lain adalah untuk memenangkan negosiasi dengan para staf penjualan. Mereka juga akan berjuang keras untuk mendapatan penawaran promosi dengan harga yang lebih murah untuk produk berkualitas.

5. Menyesal Belakangan
Ini merupakan tipe yang tidak jeli dalam memilih. Ketika berbelanja mereka cenderung kurang memperhatikan barang yang dibelinya, sehingga begitu sampai di rumah baru disadari bahwa barang yang dibeli ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan atau barang ersebut tidak benar-benar mereka butuhkan.

6. Senang Membandingkan Harga ketika berbelanja
Tipe pembelanja ini akan rela menghabiskan banyak waktu untuk meneliti dan menemukan penawaran barang terbaik dengan harga yang termurah. Mereka tidak akan mengeluarkan uang sebelum menukan barang dengan harga yang dinilai cocok. Ini termasuk tipe pembelanja yang cerdas dan hemat.

7. Impulsif
Tipe pembelanja seperti ini adalah mereka yang tidak berpikir panjang dalam membeli barang, cukup dengan sekali melihat, mereka akan memutuskan untuk membayarnya, mereka hanya berpikir kapan lagi dapat menemukan barang tersebut jika tidak saat ini.

Leave a Reply