7 Tips Mengurangi Konsumsi Gula

Rasa manis memang memiliki banyak penggemar, tidak hanya anak kecil, orang dewasa pun sangat menikmati rasa manis. Rasa manis umumnya bersumber dari kandungan gula yang terdapat di dalam makanan atau minuman yang kita konsumsi. Namun ternyata konsumsi gula berlebih sangat tidak baik bagi kesehatan. Banyak penyakit yang bisa timbul dari kelebihan mengkonsumsi gula, seperti diabetes, kerusakan hati, kerusakan gigi, hingga mempercepat penuaan. Jika sudah begini kita harus bisa mengurangi konsumsi gula dalam keseharian. Berikut ini Hijapedia merangkum dari berbagai sumber mengenai tips untuk mengurangi konsumsi gula.

  1. Konsumsi gula alami

Konsumsi gula juga dibutuhkan oleh tubuh, terutama untuk sumber energy. Namun pilih konsumsi gula alami yang berasal dari buah, nasi, atau sayuran. American Heart Association menyarankan agar para wanita hanya boleh mengonsumsi gula tambahan maksimal 6 sendok teh, sedangkan pria hanya 9 sendok teh saja.

  1. Cek label makanan

Teliti sebelum mengkonsumsi makanan, cek terlebih dahulu kandungan gula yang ada di dalamnya. Berbagai produk olahan susu, yoghurt, roti, dan lainnya pasti mengandung gula. Jangan sampai makanan yang mengandung gula tinggi dengan bebas kita konsumsi.

  1. Cari substitusi gula

Daripada mengkonsumsi gula tambahan, pilih pengganti gula. Misalnya, campur susu dengan buah-buahan manis seperti mangga, apel, atau melon. Jika membuat kue, ganti gula dengan campuran kurma atau kismis. Madu juga bisa menjadi pilihan baik pengganti gula.

  1. Makan dan minum secara teratur dan cukup

Makan dan minum secara teratur dapat mencegah hasrat untuk mengkonsumsi makanan manis lagi. Atur sedemikian rupa pola makan agar perut terasa cukup kenyang. Biarkan tubuh mengenali rasa kenyang dengan terjadwal.

  1. Keep busy!

Memiliki kesibukan akan membuat kita lupa untuk terus mengkonsumsi cemilan yang umumnya manis. Paratnya rutinitas akan lebih mempersulit kita makan makanan tambahan di luar jadwal makan yang ada.

  1. Alihkan dengan rasa pedas

Makanan pedas dipercaya bisa mengalihkan hasrat mengkonsumsi makanan manis. Jika kita ingin makan atau minum manis, segera makan makanan yang cenderung pedas. Ini akan ampuh menurunkan hasrat kita.

  1. Tidur dan olah raga cukup

Jaga pola tidur dan gerak yang cukup. Jika kita cukup beristirahat serta memiliki jadwal olah raga rutin yang cukup, akan lebih mudah mengontrol hasrat mengkonsumsi makanan manis daripada mereka yang tidak.

Yuk Sisters kita coba tips di atas. Mulai mengontrol konsumsi gula sejak dini akan semakin baik. Membiasakan lidah kita pada makanan atau minuman yang tidak memiliki rasa tajam seperti manis akan mengubah pola hidup kita secara perlahan.

Leave a Reply