7 Tips Perawatan Untuk Kulit Berminyak

7 Tips Perawatan Untuk Kulit Berminyak, sudah tahukah jenis kulitmu? Mengenali jenis kulit –khususnya kulit wajah— sangat penting lho karena setiap jenis kulit memiliki karakter khas yang nantinya berdampak pada cara perawatannya. Kulit kering tentu metode perawatannya berbeda dengan kulit normal demikian juga dengan kulit berminyak.

Hijapedia It's Your Community (107)

Kita akan membahas tentang 7 tips perawatan untuk kulit wajah berminyak di artikel ini. Namun, sebelumnya mari kita kenali ciri-ciri kulit berminyak, yaitu:

– Permukaan kulit bertekstur kasar,
– Pori-pori berukuran besar,
– Mengkilap,
– Relatif lebih lentur,
– Cenderung kurang bersih & bernoda,
– Mudah berjerawat.

Baca juga: Hilangkan Jerawat Dengan Bahan Alami

Apakah ciri-ciri tersebut terdapat pada kulit wajah sister? Jika Ya, maka Sister membutuhkan perawatan ekstra karena kulit berminyak ini rentan bermasalah. Dr. Dewi Inong Irana, Sp.KK. memberikan beberapa tips berikut untuk perawatan kulit berminyak :

1. Rajin membersihkan kulit

Kunci terpenting untuk perawatan kulit berminyak adalah senantiasa menjaga kulit wajah agar bakteri penyebab jerawat tidak mudah menempel. Bersihkan kulit setiap pagi dan sore. Gunakan susu pembersih, sabun wajah, dan penyegar yang sesuai dengan kulit berminyak.

2. Gunakan sabun khusus

Untuk kulit berminyak disarankan untuk menggunakan sabun khusus. Gunakan sabun kulit dengan pH seimbang (5,5) agar minyak terangkat tanpa menyebabkan kulit kering.

3. Selektif memilih produk perawatan kulit & kosmetik dekoratif

Untuk krim pelembab atau tabir surya sebaiknya pilih yang berbentuk gel atau lotion hindari menggunakan yang berbentuk gel. Sementara untuk bedak, gunakan bedak tabur jangan bedak padat.

4. Selektif memilih makanan

Dianjurkan untuk banyak makan sayur dan buah. Hindari makanan pedas dan berlemak. Selain itu perbanyak minum air putih.

5. Hindari Stress

Tenangkan pikiran dan jangan terlalu serius menghadapi masalah, berfikir positif lebih baik karena kalau Sisters ingin terhindar dari jerawat lebih baik kurangi stress.

6. Perawatan rutin jika diperlukan

Lakukan perawatan rutin seperti facial wajah untuk mengangkat komedo dan jerawat dari kulit. Facial bisa dilakukan di salon ataupun di rumah. Namun, agar lebih terjamin sebaiknya dilakukan di salon oleh tenaga profesional.

7. Hindari memencet jerawat

Hindari memencet jerawat yang sedang meradang. Karena hal tersebut berpotensi menimbulkan peradangan yang justru memperparah kondisi kulit wajah.

Selamat mencoba 7 tips perawatan untuk kulit berminyak Sisters, semoga bermanfaat!

Leave a Reply