Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Siapa sih yang tidak jengkel sama jerawat? Apa lagi wanita. Mereka kerap mencari seribu cara untuk memusnahkan jerawat dalam sekejap dengan berbagai produk yang tersedia di pasaran. Hasilnya memang efektif, dan jerawat berhasil dibasmi secara efektif. Sayangnya, jerawat ini kembali muncul dan kalau pun hilang, ternyata meningalkan bekas yang sangat menjengkelkan. cara menghilangkan bekas jerawat secara instan tentu saja harus dengan prosedur yang panjang dan melelahkan. Pada beberapa kasus, seseorang bisa menghilangkan bekas jerawat dalam hitungan bulan.

Apa Penyebab Jerawat?

Dilansir dari situs Mayo Clinic, jerawat disebabkan oleh beberapa hal, seperti pori-pori besar, produksi minyak berlebih  dan bakteri yang bercampur menjadi satu. Umumnya jerawat muncul di area wajah, leher, dada, punggung dan pundak. Mengapa? Karena area ini memproduksi lebih banyak minyak. Jerawat ini akan berkembang saat minyak dan kulit mati menyumbat folikel rambut. Nah, folikel rambut inilah yang menghubungkan kulit dengan kelenjar yang memproduksi sebum. Saat kulit terlalu banyak memproduksi sebum dan bercampur dengan sel kulit mati,  maka akan menimbulkan jerawat yang menjengkelkan. Tidak heran bila banyak iklan sabun pencuci muka selalu mengklaim bisa mengurangi sebum. Ini ditujukan untuk pembasmian jerawat secara optimal.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Sebenarnya ada banyak sekali obat penghilang flek hitam bekas jerawat. Sayangnya tidak semua obat ini cocok bagi semua jenis kulit. Apa lagi yang sensitif. Karena itu banyak sekali wanita yang lebih memilih cara menghilangkan bekas jerawat secara alami meskipun membutuhkan waktu yang sangat lama. Akan tetapi tidak semua obat jerawat alami berefek lama, beberapa bahan alami berikut ini dikenal ampuh menyembuhkan jerawat secara alami dan bahkan mampu menghilangkan komedo.

Aloe Vera

Aloe Vera atau lidah buaya dikenal memiliki banyak vitamin, sehingga membantu kulit beregenerasi secara optimal. Lidah buaya terbukti snagat ampuh menghilangkan bekas jerawat dan luka. Cara aplikasinya juga sangat mudah. Anda tinggal mengambil getah lidah buaya dan mengoleskannya pada bekas jerawat sebagai masker. Biarkan selama beberapa saat agar getah lidah buaya bisa meresap ke dalam kulit secara sempurna.

Baking Soda

Baking soda dikenal sebagai penghilang noda paling ampuh. Bahkan Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan lantai kayu dan membuatnya kembali mengkilat.

Untuk menghilangkan bekas jerawat, Anda cukup mencampurkan baking soda dengan air sehingga membentuk pasta. Setelah selesai, oleskan dan gosokkan ke wajah yang memiliki bekas noda jerawat. Diamkan selama 12 menit kemudian bilas wajah dengan air hangat. Setelah selesai, jangan lupa pakai pelembab agar kulit lembab kembali.

Minyak Kelapa

Minyak serba guna ini ternyata menjadi salah satu cara menghilangkan bekas jerawat alami yang sangat ampuh. Bahan alami ini masuk daam daftar bahan yang mengandung moisturizer untuk kulit.

Ambil sejumlah minyak kelapa yang Anda butuhkan lalu pijatkan di area wajah yang memiliki bekas jerawat. Uniknya, wajah Anda tidak perlu lagi dibilas karena kandungan vitaminnya sangat berguna untuk kulit. Akan tetapi bila Anda kurang suka,  biarkan minyak kelapa meresap selama 30 menit.

Madu

Selain minyak kelapa, madu juga sangat berkhasiat mengembalikan stamina kulit seperti sedia kala. Bahan ini dikenal anti alergi dan cocok untuk semua jenis kulit. Cobalah madu lokal untuk menghilangkan bekas jerawat dan masalah kulit lainnya.

Anda cukup memijat area yang memiliki bekas jerawat seara perlahan dan diamkan beberapa saat. Untuk hasil terbaik, campurkan kayu manis bubuk. Terapkan cara ini sesering mungkin agar hasilnya lebih optimal.

Lemon

Kalau Anda sering melihat banyak kosmetik memasukkan vitamin C dan ekstrak lemon, ini benar. Kandunga alpha-hydroxy aid atau AHA sangat bagus dalam mengembalikan vitalitas kulit.

Caranya cukup mudah. Peras jeruk lemon ke dalam wadah lalu campurkan dengan air (khusus untuk kulit sensitif). Oleskan ke permukaan kulit yang memiliki bekas jerawat dan biarkan mengering. Setelah selesai, bilas wajah dengan air dingin dan olesi kulit dengan moisturizer.

Perlu diingat, jangan pernah berada di bawah sinar matahari saat kulit sedang memakai masker lemon. Kulit Anda sangat sensitif pada kondisi ini.

Jus Kentang

Anda sudah tahu belum kalau kentang bisa dijadikan cara menghilangkan bekas jerawat yang ampuh? Caranya cukup mudah. Potong kentang tipis-tipis dan tempelkan di bekas jerawat. Atau bisa juga dijadikan jus dan menggunakannya sebagai masker. Diamkan selama 15 menit lalu bilas pakai air hangat. Lakukan cara ini sehari sekali. Bekas jerawat akan cepat hilang.

Yang terpenting dalam melakukan perawatan kulit, pastikan juga makan banyak sayur dan buah karena dua bahan penting ini memiliki anti-oksidan tinggi dan membantu regenerasi kulit lebih cepat sehingga kulit segera pulih seperti sedia kala. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here