9 Manfaat air putih untuk kesehatan tubuh

Air merupakan kebutuhan pokok yang begitu penting bagi manusia. Lebih dari 80% tubuh manusia terdiri dari air, dan ada dua organ tubuh penting yang mengandung kadar air lebih dari 80% yaitu otak dan darah. Karena itu untuk pemenuhannya manusia harus cukup dalam mengkonsumi air putih ini. Seperti yang dianjurkan oleh para ahli bahwa pemenuhan kebutuhan air manusia itu 2 liter atau setara dengan 8 gelas sehari agar metabolisme tubuh lancar dan berjalan dengan baik. Kekurangan air pada pada darah akan berbahaya bagi tubuh, karena akan membuat darah menjadi kental akibatnnya perjalanan darah sebagai alat yang dilalui oksigen menjadi dan zat-zat makanan menjadi terganggu, pun kekurangan air pada otak akan berbahaya bagi tubuh, karena otak adalah organ yang paling banyak mengkonsumsi makanan dan oksigen yang dibawa oleh darah, sehingga mengakibatkan fungsi sel-sel otak tidak berjalan dengan baik dan optimal dan ini bisa memicu terjadinya stroke.

Air yang kita konsumsi diperlukan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang lewat keringat, air seni, pernafasan, dan lainnya. Tulisan yang menjelaskan mengenai khasiat air putih bagi kecantikan sudah cukup banyak, Namun ternyata manfaatnya bukan itu saja, berikut penjelasannya:

1. Memperlancar sistem pencernaan
Jika kebutuhan air terpenuhi maka proses pencernaan pun akan berjalan dengan lancar, pembakaran kalori berjalan dengan mudah, serta terhindar dari masalah pencernaan lainnya seperti maag dan sembelit

2. Tubuh menjadi bugar, mencegah dari berbagai penyakit, seperti penyakit batu ginjal dan hati, serta memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker

3. Kecantikan
Salah satu manfaat mengkonsumsi air adalah untuk kecantikan kulit, karena jika tubuh kekurangan air maka tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit, sehingga kulit menjadi kering dan berkerut.

4. Mengeluarkan racun dalam tubuh
Racun dalam tubuh akan dikeluarkan oleh urine dan keringat, tentu hal ini tidak akan terjadi jika kebutuhan air tidak terpenuhi dengan baik.

5.  Menjaga berat badan tubuh
Jika ingin berat badan tetap ideal dan propotiona maka mulailah untuk menjaga asupan air dalam tubuh sesuai kebutuhannya.

6. Menyehatkan jantung
Menurut penelitian jika kebutuhan air terpenuhi maka akan turun pula 41 resiko penyakit jantung

7. Menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut

8. Memperlancar buang air besar

9. Berfikir lebih baik
Karena otak sebagian besar terdiri dari air, jadi minum air ini meoptimalkan kerja otak salah satunya untuk berfikir yang menjadi lebih baik, lebih waspada, dan lebih konsentrasi.

Demikianlah tulisan mengenai manfaat air putih untuk kesehatan, begitu banyak manfaat air putih ini, sehingga kita perlu memperhatikan dalam pemenuhannya untuk kesehatan tubuh kita sendiri.

Leave a Reply