9 Tips Agar Lebih Produktif

Sering kali kita memiliki sebuah impian, namun impian tersebut tak kunjung kita rasakan. Bahkan sering kali kita merasa bahwa kita sudah melakukan banyak hal sehingga kita layak mendapatkan impian tersebut.

Apa yang salah sebenarnya? Rasul SAW pernah menyampaikan “Man Jadda Wa Jada” (barangsiapa yang bersungguh-sungguh, maka pasti akan berhasil).

Nah dibawah ini ada beberapa tips bagaimana cara nya agar hidup kita lebih produktif. Sehingga kita dapat mencapai impian kita. InsyaAllah.. :)

1. Tune Out The News!
Jauhkan diri kamu dari segala berita-berita negatif. Tak bisa pungkiri, sajian yang disajikan oleh acara-acara di TV ataupun di Radio sebenarnya tidak berdampak signifikan pada kehidupan kita. Bahkan lebih banyak dampak negatif nya. Kita seringkali terlalu peduli pada kehidupan orang yg lain, yang sebenarnya orang lain tersebut belum tentu peduli atas kehidupan kita apalagi kesuksesan kita. Jadi mulai sekarang, kurangi lah menonton TV atau mendengar radio. Silahkan coba lakukan tips ini, percayalah pikiran anda mulai positive hari demi hari!

2. Stuck? Buat MindMap!
Seringkali kamu merasa stuck? Tidak ada ide? Sekarang coba kamu ambil secarik kertas dan brainstorming seluruh hal yg berkecamuk di kepala mu. Apa masalah yang ada, apa solusi-solusi, dan tuliskan semua nya. Perlahan kamu akan menemukan benang merah apa sih yang seharus nya kamu lakukan.

3. Masih Stuck? Rekam Menggunakan Voice Recording
Masih sulit juga? Coba tips ini. Hampir semua handphone memiliki feature voice recording. Silahkan gunakan ini untuk merekam segala ide yang ada di fikiran kamu, jangan di filter terlebih dahulu, luapkan saja segala nya. Kemudian kamu dengarkan kembali rekaman tersebut dan tuliskan di secarik kertas lalu buat mind map nya.

4. Olahraga Kecil & Minum Air Putih.
Jika kamu masih merasa stuck, coba lah sesekali melakukan olahraga kecil / stretching. Dengan melakukan ini, otomatis adrenalin kamu akan sedikit meningkat dan merangsang otak kamu untuk berfikir lebih cepat lagi. Dan jangan lupa minumlah air putih. InsyaAllah air putih dapat menenangkan sedikit metabolisme dan peredaran darah di tubuh kamu.

5. Lakukan Hal Yang Paling Mudah
Jika kamu sudah melakukan brainstorming atau bahkan sudah menyiapkan to do list, kemudian tentukan prioritas utama dan fokuskan pada hal mudah yang dapat kamu lakukan. Karena jika kamu memulai dengan hal yang sulit, seringkali hal tersebut justru menjadi hambatan untuk melakukan hal-hal lain nya.

6. Better Done Than Perfect
Lebih baik kamu menuntaskan sebuah pekerjaan meski itu tidak sempurna dibandingkan menunda terus pekerjaan tersebut karena kamu ingin hasil yang sempurna. Jika pada akhirnya ada kekurangan yang kamu dapati ke esokan hari nya, kamu masih dapat memperbaiki nya sehingga tidak mengulangi kesalahan yang sama. Anggaplah ini sebagai bagian dari “learning curve” kehidupan kamu. Setiap kesuksesan pasti melewati proses pembelajaran. So, tidak perlu menunggu sampai sempurna :)

7. Sebelum Memulai Tentukan Apa Tujuannya
Ini salah satu tips yang sangat penting. Seringkali kita melakukan hal yang sebenarnya hal tersebut hanya membuang waktu kita saja. Atau bahkan kita merasa, kita mengerjakan hal yg penting tapi itu tidak berdampak signifikan. Kenapa? Karena kita tidak tau apa sih tujuan kita melakukan hal tersebut? Contoh : Setiap kali kita meeting, pastikan sebelum meeting para peserta meeting sudah mengetahui apa sih goal yang akan dicapai setelah meeting tersebut. Dengan ini meeting tersebut akan berjalan efektif dan akan menghasilkan tujuan yg dicapai bersama.

8. Eat Healthy Food
Nah ternyata apa yang kita makan pun dapat mempengaruhi produktivitas kita loh. Makanan yang sehat akan membuat tubuh kita tetap fit dan berstamina saat menghadapi segala aktivitas. Dengan ini lah akal fikiran kita dapat berfikir dengan baik dan sering kali mengeluarkan ide-ide yang kreatif. Lain hal nya jika kita terlalu banyak makan, seringkali menyebabkan diri kita mudah mengantuk dan lelah.

9. Treat your time as a sword.
Nah inilah pesan Nabi Muhammad SAW yg harus kita pegang selalu. Bayangkan jika waktu itu bagaikan pedang yang siap mengancam diri kita. Ya, karena dengan pekerjaan atau perbuatan yang sia-sia maka waktu kita akan terbuang untuk hal tersebut. Itulah mengapa Rasul mengingatkan kita demikian. Jangan lah kita mensia-siakan waktu kita yang terbatas di dunia ini untuk perbuatan yang sia-sia. Jadi fokuslah pada tujuan besar kamu, sehingga dengan itu kamu tau apa saja prioritas yang dapat kamu lakukan.

Selamat mencoba ya! Semoga bermanfaat :)

Leave a Reply