Agar Fresh Graduate Tidak Salah Langkah

Hi Sisters! Apa kesibukanmu saat ini? Apa kamu sedang menghadapi tugas akhir kuliah? Atau sedang dalam penulisan skripsi? Atau mungkin sebentar lagi kamu akan diwisuda? Kira-kira apa yang sedang kamu pikirkan selain mempersiapkannya? Mencari tau mengenai pilihan hidup setelah lulus kuliah adalah hal yang harus dilakukan bahkan jauh sebelum kelulusan tiba.

Memilih karir setelah lulus kuliah bukan hal yang sepele. Apa yang kamu pilih merupakan stepping stone atau batu pijakan untuk meraih mimpi kamu. Jadi sebelum kamu salah arah dan salah langkah, ikutin yuk beberapa petunjuk ini!

  1. Set up your Long Term Goals

Kebanyakan dari kita mungkin belum memiliki tujuan atau miHijapedia Its Your Community Image (34)mpi yang ingin diraih dalam jangka panjang. Entah itu karena belum memiliki gambaran sama sekali, enggan mencari tahu, atau bingung. Wajar Sisters! Makanya mumpung belum terlambat, yuk pikirkan apa yang menjadi keinginan kamu dalam 5 atau 10 tahun ke depan. Di titik mana kamu ingin berdiri saat itu.

  1. Set up your Short Term Goals

Kalau kita sudah tau tujuan jangka panjang kita, kita tinggal menggambarkan pelan-pelan mimpi atau tujuan jangka pendek nya. Misalnya kamu ingin 10 tahun mendatang sudah memiliki bisnis kuliner dengan 10 cabang, maka kira-kira tahun ini apa yang harus kamu lakukan. Apa memulai riset dan bikin proposal bisnis, atau segera mulai belajar masak misalnya.

  1. Atur strategi

Jika kita telah ada gambaran lebih jelas mengenai mimpi jangka panjang dan jangka pendek yang harus kita capai, kita harus memiliki strategi lebih detil. Misalnya kamu ingin bekerja di perusahaan minyak, maka mulai riset perusahaan mana yang paling kamu minati sesuai mimpimu. Buat daftar dan siapkan diri untuk mengikuti seleksi setelah lulus.

  1. Jangan terburu-buru!

Inti yang mungkin kita inginkan setelah lulus biasanya hanya satu, “bisa punya uang sendiriatauyang penting kerja dulu.  Hal ini yang membuat kita sering salah langkah. Entah karena takut malu dibilang pengangguran terlalu lama, atau tuntutan sosial lainnya. Tapi tergesa-gesa bukan solusi jangka  panjang. Mimpi mu bisa sedikit berantakan jika kamu salah ambil langkah awal.

  1. Perhitungkan semua hal

Jika kamu sudah menetapkan pilihan untuk mencapai tujuan dan mimpi kamu, jangan lupa untuk memperhitungkan semuanya setelah nanti kamu melangkah. Baik resiko, materi, kesiapan lahir maupun batin. Penentuan lokasi karir mu juga berpengaruh.

Nah Sisters, semoga hal di atas bisa membantu mengatasi kegelisahan mu ya. Yuk! dimulai dari sekarang untuk merancang masa depan mu. Apa kamu sudah mentukan pilihan?

Leave a Reply