Agar Punya Mata Sehat dan Indah

Merawat kuku, rambut, wajah, kulit, sepertinya merupakan hal yang sangat biasa kita lakukan. Namun di antara bagian tubuh tadi, mata seringkali luput dari perhatian. Tanpa kita sadari mata justru merupakan alat indra yang sangat penting untuk kita jaga karena fungsinya sangat besar. Kamu harus simak ulasan berikut ini, Sisters! Ini adalah beberapa tips untuk menjaga matamu tetap sehat dan juga indah.

  1. Biarkan matamu istirahat

Seperti hal nya tubuh, mata juga sangat perlu istirahat. Aktifitas mata memang terlihat tidak berat, namun pada kenyataannya kerja mata dimulai ketika kita bagun tidur dan berlangsung selama seharian. Istirahatkan mata di sela-sela aktifitasmu dengan memejamkannya beberapa saat.

  1. Hindari menatap layar gadget terlau lama

Kegiatan manusia saat ini sangat sulit dijauhkan dengan gadget. Sangat tidak mungkin jika seharian penuh kita tidak menatap layar gadget kesayangan. Baik itu smartphone, laptop, atau bahkan televisi. Hal ini boleh-boleh saja, tapi berikan porsi mata istirahat juga. Jangan dalam durasi lama kita menatap gadget tanpa henti.

  1. Hindari menatap layar gadget di tempat gelap

Menatap layar gadget di tempat gelap adalah keputusan yang salah. Ini akan cepat membuat mata kita lelah, merah, atau iritasi. Jika hal ini sering kita lakukan, resiko jangka panjang untuk kesehatan sangat tidak baik. Oleh karena itu, nyalakan lampu jika ingin menatap layar gadgetmu.

  1. Kompres mata dengan air dingin

Biarkan matamu merasa rileks sejenak dengan memberikan sentuhan dengan air digin. Rendam sebentar handuk kecil degan air dingin, peras, lalu tempelkan pada mata. Selain sensasinya yang akan membuat mata segar, ini juga akan membuat pori-pori kulit matamu istirahat.

  1. Ketimun dan teh hijau

Khasiat ketimun dan teh hijau untuk mata sudah tidak diragukan lagi. Selain sebagai antioksidan, teh hijau dipercaya mampu untuk menghilangkan kantung mata. Sedangkan ketimun akan membuat mata lebih segar.

  1. Gunakan kacamata gelap saat di tempat terang

Tempat terang akan membuat kerja mata kita lebih berat. Gunakan kacamata gelap jika kamu sedang berada di luar ruangan yang terpapar sinar terik matahari ataupun ruangan yang mempunyai pencahayaan terang.

  1. Lihat dedaunan hijau

Cari pemandangan yang menyegarkan di pagi hari untuk memanjakan matamu. Daun-daunan hijau di udara terbuka sangatlah baik. Selain akan memberikan kesegaran pada mata, ini dipercaya dapat menjaga daya penglihatan mata agar tetap baik.

Yuk Sisters kita jaga kesehatan dan keindahan mata kita. Lagi-lagi menjaga ciptaan Allah adalah keharusan dan ini merupakan cara kita bersyukur. Selamat menjalani hari baik!

Leave a Reply