Agar Tetap Sehat Saat Berwisata Kuliner

Wisata kuliner memang sedang marak di mana-mana. Menikmati ragam budaya baik nasional maupun mancanegara lewat makanan khas nya merupakan kesenangan dan kepuasan tersendiri. Berbagai jenis makanan dan minuman dari yang manis, asin, pedas, hingga asam menjadi citarasa yang dicari. Namun jika kita memiliki hobi berwisata kuliner, sudah tentu kita harus tetap memperhatikan dampaknya bagi kesehatan tubuh. Jika tidak pandai menjaga, salah-salah penyakit seperti diabetes, asam urat, maupun kolesterol bisa mengancam. Yuk kita simak beberapa tips berikut.

 

1. Atur pola 5 teratur + 2 libur

Ambil 1 atau 2 hari di setiap minggu untuk kamu menjalankan hobi ini. Selebihnya? Atur dan jaga pola makan dengan baik dan seimbang. Buah, sayur, lemak, gula, semua harus dikonsumsi dengan baik dan tidak berlebihan. Dalam 2 hari libur, kamu bebas mau makan apapun yang kamu mau.

 

2. Olah raga rutin

Jangan pernah menganggap olah raga adalah klise. Memang terdengar sangat normatif, namun jika kamu sudah mulai berhasil merutinkan diri melakukan olah tubuh, kamu bisa memetik banyak manfaat. Selain bisa membakar lemak, olah raga juga bisa membuat metabolisme tubuh menjadi lebih lancar.

 

3. Minum air putih yang cukup

Konsumsilah air putih secukupnya atau tidak berlebihan, banyak sumber yang melansir bahwa banyaknya konsumsi air putih tidak perlu lebih dari 30 ml per kg berat badan kita. Sebagai contoh, jika berat badan kita adalah 50 kg, maka maksimal konsumsi air putih sehari adalah 1,5 liter. Semakin besar massa tubuh, air yang dibutuhkan juga akan lebih banyak.

 

4. Makan buah sebelum makan

Konsumsi buah yang benar adalah 20 hingga 30 menit sebelum makan. Selain akan cenderung membuat kenyang, konsumsi buah memang harus terpisah dari makan besar. Jika buah bercampur dengan makan lain akan berpotensi menghasilkan senyawa gas yang akan membuat perut terasa kembung. Maka makan buah sebelum mulai berwisata kuliner adalah cara jitu mengontrol agar tidak berlebihan

 

5. Jangan berlebihan

Segala sesuatu yang berlebihan tentu saja tidak baik. Termasuk jika kamu sedang berwisata kuliner. Batasi konsumsi makanan yang terlalu dan terlalu. Baik itu terlalu berlemak, terlalu asin, terlalu manis, terlalu panas, dan sebagainya. Konsumsi makanan yang kamu inginkan sewajarnya. Baik jumlah maupun jenis makanannya.

 

6. Pilih yang bersih!

Kebersihan adalah syarat penting dari terjaganya kualitas makanan. Hindari tempat makan di luar yang kotor atau kurang bersih. Perhatikan bagaimana mereka mengolah masakan hingga proses penyajiannya. Hal ini akan sangat mempengaruhi kesehatanmu, baik dalam jangka pendek apalagi jangka panjang.

 

Nah, sekarang sudah tidak takut lagi kan untuk tetap berwisata kuliner? Manjakan diri sekali-sekali dengan makanan enak kegemaranmu.

Leave a Reply