Apa Hobi Kamu?

Yup.. hobby.. Setiap orang pasti punya hobby atau kesenangannya tersendiri. Ada yang hobbynya baik dan ada juga yang kurang baik. Apa kategori baik dan tidak baik itu, ini relatif sih tiap orang beda-beda cara pandanganya.

Ada yang hobbynya main games. Saking hobbynya semua terlupakan, waktu makan terlupakan. Kewajiban lain terlupakan. Ini kategori hobby yang tidak baik.

Ada yang hobbynya browisng, atau berselanjar di dunia maya, aktif di media sosial sana sini, semua media sosial dia punya akunnya, wah kalau ini kategori hobby apa ya?

Ada yang hobbynya menulis seperti saya, karena hobby ini menurut saya hobby yang menyenangkan dan bisa juga menghasilkan uang. Pahala juga kan, kalau apa yang kita tulis bermanfaat untuk orang lain, nah kalau ini kategori hobby yang baik. Hehe..

Dan masih banyak lagi contah-contah hobby yang lainnya. Lalu bagaimana seharusnya kita menjalankan hobby kita :

  1. Lakukan hobby sewajarnya alias tidak berlebihan, karena sesuatu yang belebihan tentu dampaknya tidak baik bukan. Sepakat?
  2. Hobby yang tidak menguras kantong, kalau yang ini sebenarnya tergantung kemampuan masing-masing ya. Tapi tetap saja kalau hobby yang kita lakukan cenderung lebih mengeluarkan atau menghabiskan banyak uang dari pada menghasilkan. Saran saya, mari belajar mengurangi hobby anda mulai saat ini.
  3. Hobby yang tidak merugikan orang lain, jangan sampai kebiasaan kita justru merugikan orang lain, ini sungguh terlalu bukannya memberi manfaat malah membuat rugi.
  4. Hobby yang bisa bermanfaatbagi diri sendiri dan orang lain, syukur-syukur menghasilkan uang. Salah satu contohnya adalah hobby menulis hal yang positif dan manfaat.

Well.. mulai sekarang periksa hobby kalian ya, apakah hobby atau kesenangan atau kebiasaan kalian ini termasuk kategori hobby yang baik atau tidak baik, jika masuk kategori yang tidak baik berusahalah mengubah kebiasaan tersebut menjadi kebiasaan yang baik, memang tidak mudah mengubah hal yang sudah menjadi kebiasaan, tapi perlahan-lahan saja asal berproses.

Selamat menjalankan hobby :)

Leave a Reply