Apa Manfaat Menangis?

Setiap orang tentu pernah mengalami apa yang namanya menangis. Menangis merupakan luapan suatu emosi. Menangis identik dengan kesedihan, walau terkadang luapan bahagia pun juga bisa ditunjukkan dengan menangis.

Terkadang orang malu untuk menangis, karena faktor gengsi atau tidak mau dianggap lemah, terutama bagi kaum lelaki. Tapi tahukah kalian ada fakta apa dibalik dari menangis itu sendiri. Ternyata menagis menyimpan rahasia-rahasia yang mungkin belum kita ketahui banyak.

Hijapedia It's Your Community (41)

Tanda dari seseorang menangis tentu dengan mengeluarkan air mata. Dan disinilah kita akan membahas keistimewaan air mata tersebut. Sebelumnya perlu kita ketahui bahwa air mata itu terbagi menjadi 3 jenis :

  1. Air mata basal, air mata yang berfungsi melindungi mata dari debu, bakteri serta menjaga kelembaban mata.
  2. Air mata yang keluar karena iritasi, penyakit.
  3. Air mata yang keluar karena ekspresi luapan emosi.

Diantara ketiga jenis air mata itu, air mata karena luapan emosi inilah yang akan kita bicarakan. Banyak yang belum mengetahui bahwa menangis ini banyak manfaatnya terutama untuk kesehatan. Apa sajakah itu? Ini dia :

  1. Air mata yang keluar karena menangis bisa membunuh bakteri yang ada dalam mata karena mengandung enzim lysozyme. Dan enzim ini memiliki kemampuan jauh lebih baik dari pada obat tetes mata biasa.
  2. Air mata dapat mengeluarkan racun, perlu diketahui bahwa air mata yang keluar karena luapan emosi, stress, atau kesedihan lainnya justru memiliki kemampuan mengeluarkan racun-racun dalam tubuh dari pada air mata yang keluar karena iritasi mata biasa. karena itu jika perasaan sedang stress atau tertekan tak usah ragu untuk menangis, karena menangis justru salah satu solusi menenangkan dan menyehatkan.
  3. Air mata membantu mencegah mata dari kekeringan, memberikan kelembaban pada mata. Air mata melumasi mata dengan baik hingga terhindar dari kekeringan, ini juga membantu dalam menjernihkan pandangan atau penglihatan.
  4. Meningkatkan mood atau suasana hati, tubuh dan pikiran menjadi rilex. Karena saat menangis ternyata mengeluarkan hormon endorfin yang dapat mengurangi rasa sakit dalam tubuh.

Karena itu mulai sekarang tak perlu ragu untuk menangis. khawatirlah jika tidak menangis, karena itu berarti banyak racun dalam tubuh yang tidak keluar dan artinya kita menyimpan dan menimbun penyakit dalam tubuh.
Jadi, sekali lagi tak perlu ragu untuk menangis. karena manfaat yang didapat untuk kesehatan begitu banyak.

Leave a Reply