Apa Sih Manfaat Sarapan?

Mungkin, bagi sebagian dari kita suka sekali melewatkan waktu untuk sarapan. Dengan berbagai alasan kita tidak makan untuk mengisi energi di pagi hari. Padahal, makan pagi yang biasa kita sebut sarapan itu sangat penting loh,sisters J

Bagi sebagian orang Indonesia sarapan biasanya diisi dengan menu-menu makanan yang berat seperti nasi uduk, lontong sayur, nasi goreng dan sebagainya. Sedangkan di negara-negara lain seperti di benua Amerika atau Eropa mereka cenderung memakan makanan yang terbilang ringan tapi tinggi protein dan serat. Well, terlepas dari apa menu makanan yang kita makan, kita lihat saja yuk dari manfaat sarapan. Di bawah ini akan dijelaskan sedikit mengenai beberapa manfaat sarapan pagi bagi kesehatan , yaitu :

  • Dapat menetralisir asam lambung yang keluar semalaman saat kita tidur sehingga mencegah penyakit gastritis atau maag .
  • Sarapan mengembalikan kadar gula darah pada batas normal setelah hampir 8 jam tubuh dalam kondisi puasa, dengan catatan makan malam jam 10 malam. Ini menguntungkan bagi orang-orang dengan kecenderungan diabetes atau yang sudah menderita diabetes .
  • Sarapan pagi memberikan nutrisi pada otak dan seluruh tubuh kita untuk melakukan kegiatan pagi sampai siang hari sehingga tubuh tidak lemas , kerja otak lebih maksimalĀ  karena bahan bakar tubuh terpenuh .
  • Sarapan Pagi juga dapat untuk melangsingkan tubuh. Ini sudah dibuktikan dalam berbagai penelitian bahwa orang yang selalu sarapan pagi dengan menu yang tepat menjadi lebih langsing daripada kelompok yang sering melewatkan sarapan. Alasannya metabolisme tubuh tetap terjaga tidak turun dan mencegah makan berlebihan saat makan siang.

Terbukti kan, sarapan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya bagi kesehatan, tapi juga bagi jiwa, karena jika kita sudah kenyang sedari pagi hari, emosi kita akan lebih stabil dan cenderung tenang J Yuk buat yang masih jarang sarapan, kita ubah pola hidup kita. Supaya kita bisa lebih sehat dan lebih produktif sepanjang hari J

Leave a Reply