Apakah Hobimu Menguntungkanmu?

Beware the hobby that eats! Berhati-hatilah pada kesenangan yang justru bisa memakan mu – Benjamin Franklin

Apakah Hobimu Menguntungkanmu? Assalamualaikum, Sisters! Rasanya kutipan di atas cukup bijak untuk kita pikirkan ulang ya. Sebuah kutipan yang mengajak kita berpikir sejenak tentang hobi atau kesenangan kita. Kira-kira hobi yang kita miliki memiliki banyak dampak positif terhadap hidup kita atau malah mengajak ke arah yang negatif, ya? Coba pikirkan sejenak apakah hobimu menguntungkanmu?

Hobi dan kesenangan pribadi seseorang sangat beragam, dari mulai membaca, menulis, bernyanyi, memasak, melukis, nonton, belanja, makan, jalan-jalan, berpetualang, naik gunung, bersepeda, olah raga, tidur, atau mungkin justru hobi tidak melakukan apa-apa atau bermalas-malasan. Hobi pada dasarnya merupakan kegiatan yang dilakukan seseorang dalam frekuensi cukup sering dan membawa kesenangan pribadi. Kesenangan berarti membuat tubuh dan pikiran kita santai dan rileks sehingga seringkali bermanfaat untuk mengurangi tingkat stres dalam keseharian.

Memiliki hobi seperti memiliki obat penawar atau vitamin yang mampu mengobati kejenuhan rutinitas. Setiap orang pasti butuh melakukan hobi nya masing-masing untuk menambah semangat mereka. Tetapi Sisters, berhati-hatilah terhadap hobi yang justru malah membuat kita tidak produktif dan membuat hidup kita menjadi semakin tidak efektif dan tidak berkembang.

Kita dapat mengambil beberapa contoh kesenangan seseorang, misalnya hobi tidur. Tidur pada dasarnya adalah waktu istirahat, bagaimana jika tidur dilakukan dalam waktu-waktu produktif yang justru membuat waktu kita terbuang percuma? Atau membuat kegiatan yang seharusnya dapat selesai pada waktu tertentu, menjadi tertunda.

Contoh lain misalnya hobi makan, jika seseorang memiliki kesenangan untuk makan berbagai macam kuliner dan tidak mengimbangi dengan pertimbangan kadar makanan, konsentrasi bahan yang terkandung, atau malah mengkonsumsi makanan tidak sehat, lantas kesehatan pun menjadi taruhannya. Bahkan contoh-contoh lain, hobi seperti membaca, menulis, melukis, belanja,  menari, jalan-jalan dan lainnya bisa juga memiliki dampak negatif lho, jika kita melakukannya tidak pada porsi yang tepat dan tidak dalam waktu yang tepat.

Apakah hobimu menguntungkanmu? Setiap kesenangan pada dasarnya memiliki dampak positif dan negatif. Hal ini berpulang lagi ke diri kita masing-masing untuk mengatur dan merancangnya. Yuk sekarang coba dipikir lagi, hobi yang Sisters miliki sekarang, sejauh ini sudah banyak memberi dampak positif atau negatif ya untuk hidup kita? Kalau lebih banyak negatif, apa tidak lebih baik kita mencari hobi atau kesenangan lain ya, yang disamping bisa membuat kita senang, juga memiliki dampak positif bagi perkembangan diri kita. Atau mungkin justru merubah kesenangan itu menjadi bermanfaat, misalnya mengubah hobi menjadi mata pencaharian? Mengapa tidak? Melakukan apa yang kita senangi sebagai sumber penghasilan menjadi sebuah keberuntungan lain, bukan?

Leave a Reply