Atasi kantung Mata dan Lingkar Hitam

Saat ingin tampil cantik, menarik dan fresh terhalang adanya “mata panda”, rasanya….. ganggu banget! Selain bikin gak PD, kantung mata juga bikin kita terlihat “lebih tua” dari usia sebenarnya. Problematika tersebut sering disebabkan oleh beberapa faktor, seperti: kurang tidur, kelelahan, terlalu banyak mengonsumsi garam dan sebagainya. Berikut cara-cara mudah untuk mengatasinya:

  1. Perbaiki kualitas tidur. Bisa jadi lingkar gelap di matamu timbul karena pola tidur yang buruk. Selain tidur yang cukup, kualitas tidur yang baik juga penting untuk mengatasi kantung mata.
  2. Banyak mengkonsumsi air putih. Minum minimal 2 liter air per hari merupakan hal yang seringkali disepelekan, padahal ini memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Air dapat menetralisir kadar garam, karena konsentrasi garam berlebih diketahui dapat menyebabkan kantung mata.
  3. Kompres dengan es batu/air dingin. Es batu bisa mengempeskan pembengkakan, pernah lihat pertandingan tinju? Itulah alasan mengapa tim medis para petinju itu selalu mengompres petinjunya seusai pertandingan. Caranya, bungkus es batu dengan kain, kompres ke daerah mata sekitar 10-15 menit. Meski tidak terlalu efektif, hal ini bisa membuat mata lebih rileks dan mengatasi kantung mata ringan.
  4.  Gunakan mentimun. Selain dapat menghaluskan dan mengurangi minyak berlebih, mentimun juga berfungsi sebagai astrigent yang dapat melancarkan peredaran darah, sangat baik untuk mengatasi kantung mata. Dinginkan mentimun terlebih dahulu, iris dan tempelkan tepat diatas mata diamkan 10-15 menit kemudian bilas dengan air.
  5. Gunakan masker bengkoang. Kandungan alami bengkoang seperti vitamin C dan B1  berkhasiat untuk mencerahkan kulit. Maka sangat efektif untuk mengitasi lingkar gelap dibawah mata. Caranya, parut bengkoang, tempelkan di sekitar kantung mata 10-15 menit lalu bilas dengan air atau kamu bisa membeli masker bengkoang yang banyak tersedia dipasaran.
  6. Gunakan kantung teh celup bekas pakai. Sering minum teh? Kamu tahu tidak? Ternyata teh hitam dan teh hijau mengandung zat tannin, yang dapat menyempitkan pembuluh darah dan mengencangkan kulit, loh! Sayang banget kalau kantung teh celup bekas tersebut tidak dimanfaatkan. Karena khasiat zat tannin tersebut masih ada dalam kantungnya. Kamu bisa gunakan kantung teh yang telah digunakan sehari sebelumnya, celupkan ke dalam air dingin, lalu tempelkan di area matamu. Diamkan 10-15 menit, lalu bilas dengan air.

Cara-cara diatas sangat efektif kalau kamu lakukan dengan rutin. Jadi, selamat mencoba ya! (@avionissa)

Leave a Reply