Awas! Gosip Saat Bekerja Berbahaya!

Waktu luang di kantor, rasa lelah, jenuh melihat layar komputer, ataupun mengantuk bisa membuat sebagian dari kita mencari hiburan singkat saat bekerja. Entah itu keluar masuk pantry untuk membuat kopi atau  teh maupun ngobrol dengan teman kerja. Ups! Hati-hati nih, ngobrol dengan teman kerja biasanya bisa berujung panjang alias bisa menyerempet ke hal-hal berbau gosip atau ngomongin orang.

Gak mau dong buang-buang waktu, tenaga, dan pikiran ke hal-hal tidak baik dan bahkan bisa mengotori hati? Hijapedia punya beberapa trik jitu untuk kamu bisa menjauh dari hal itu.

  1. Pilih Teman

Kita memang harus bisa berteman dengan siapa saja, setiap orang membawa hikmah lain pada hidup kita, namun kita harus lebih cerdas dan selektif melihat karakter teman kita. Jika ia adalah orang yang cenderung suka bergosip, hindari bertatap muka dan terlibat perbincangan tak bertema pada jam-jam lowong dengan nya.

  1. Hindari kerumunan seru

Perempuan memang suka duduk dan berkerumun sambil ngobrol. Biasanya isi pembicaraan beragam dari A-Z. Hal ini juga berpotensi besar menyeret perbincangan menjadi tendensi bergunjing. Kalau sudah begini, lebih baik melipir pelan-pelan dan keluar dari kerumunan.

  1. Alihkan pembicaraan

Sulit memang jika kita menghindari 100% teman yang suka bergunjing, mungkin sesekali kita akan terlibat perbincangan dengannya. Di waktu seperti ini, kita harus bisa mengontrol perbincangan, jika sudah mulai masuk ranah yang bukan semestinya kita ketahui, alihkan perbincangan dengan hal lain.

  1. Cari aktivitas lain

Membunuh kejenuhan atau rasa kantuk bisa kita lakukan dengan banyak hal. Olah raga ingan dengan peregangan otot, mengecek sosial media di handphone, nyemil, bahkan berwudhu dan shalat dhuha.

Pada dasarnya bergunjing selain akan menurunkan produktivitas kerja kita, juga akan memperkeruh suasana hati dan pikiran dengan perasaan dan ucapan yang tidak perlu. Tentu saja, bergunjing itu dosa. Selamat bekerja berkah, Hijapedian!

Leave a Reply