Bagaimana Cara Mendidik Anak?

Anak merupakan anugerah yang Allah beri pada sebuah keluarga. Dia merupakan titipan atau amanah yang harus dijaga dengan baik. Karena itu dalam proses pertumbuhannya, orang tua harus memperhatikan cara-cara yang baik dan benar dalam mendidik seorang anak. Madrasah atau sekolah awal seorang anak adalah keluarga, dan orang tua adalah guru pertamanya karena itu berikan pedidikan yang baik dan benar terhadap anak, hingga bisa tumbuh dan berkembang dengan baik pula.

Didiklah anak dengan cinta dan keteladanan, tumbuhkan emosi positif dalam diri anak, kenalkan anak dengan cinta dan kasih sayang hingga tidak hanya orang tua yang mencitai anak tapi juga tumbuh rasa cinta anak terhadap orang tua.

Cinta adalah kunci pertama agar bisa mendidik anak dengan baik, dengan cinta proses mendidik menjadi lebih mudah, komunikasi terjalin lancar. Cinta akan menumbuhkan keyakinan anak pada orang tuanya, karena itu akan mudah bagi anak untuk mematuhi perintah atau kemauan dari orang tuanya.

Keteladanan adalah salah satu cara jitu untuk menumbuhkan dan pembentukan pola tingkah atau karakter anak dengan cepat, praktek langsung.. ya, anak adalah peniru paling unggul, dia akan meniru semua tingkah laku orang-orang sekitarnya, tanpa mengetahui baik dan buruknya. Karena itu berikan teladan yang baik bagi anak, tunjukkan sikap-sikap yang seharusnya anak lakukan. Coba lakukan pada diri sendiri hingga anak akan mengikuti dengan baik. Mudah saja bagi orang tua untuk mengarahkan anak untuk melakukan ini itu tapi jika tidak dengan mencontohkannya langsung pada anak maka ini akan menjadi lebih sulit. Karena itu lakukan mulai dari diri orang tua sendiri, dari hal-hal yang kecil dan dari sekarang, lakukan secara terus-menerus kebiasaan baik, maka akan terbentuk karakter anak yang baik pula.

Oke.. Selamat kepada orang tua yang telah berhasil mendidik anaknya dengan cinta dan keteladanan. :)

Baca juga:
Bersikap Overprotektif pada Anak, Apa Efeknya?
Berkebun Bareng Anak, Kenapa tidak?
Melindungi Anak dari Tindak Kekerasan Seksual

Leave a Reply