Bagaimana Cara Menyusun Menu Makanan Yang Seimbang

Selain membutuhkan air, manusia memerlukan makan untuk memenuhi asupan nutrisi dan zat gizi. Makanan yang halal dan baik bagi kesehatan tentu menjadi pilihan yang diprioritaskan. Sebagaimana Allah telah memerintahkan kepada kita: “Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah.” (QS. An Nahl: 114).

Makanan yang baik adalah makanan yang memenuhi tri guna makanan yakni makanan sebagai sumber zat tenaga (karohidrat dan lemak), zat pembangun (protein nabati dan hewani), dan zat pengatur (vitamin dan mineral). Selain itu, makanan yang baik adalah makanan yang beragam, bergizi, dan berimbang.

Namun tidak hanya memilih makanan yang baik, hal lain juga perlu dipertimbangkan seperti bagaimana menyusun menu seimbang. Berikut langkah sederhana menyusun menu makanan seimbang dan hal-hal lain yang haru diperhatikan:

  1. Mengandung unsur 4 sehat 5 sempurna, setidaknya menu makanan terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur mayur, buah-buahan dan susu sebagai penunjang.
  2. Tentukan bahan makanan seimbang dengan memperhatikan Angka Kecukupan Gizi (AKG) dan Angka Kecukupan Energi (AKE), selera, daya beli, dan keragaman pangan untuk menghindari kebosanan.
  3. Perhatikan cara pengolahan makanan. Seperti jangan terlalu matang sehingga akan mengurangi bahkan menghilangkan zat gizi dari makanan tersebut. Perhatikan juga bahan-bahan pendukung lainnya seperti bahan penyedap makanan pilihlah yang aman dan jangan terlalu banyak menggunakannya. Dalam mencuci bahan makanan (sayur dan buah-buahan) usahakan dengan cara yang benar, usahakan mencuci sebelum bahan makanan tersebut dipotong agar zat gizi yang terkandung didalamnya tidak berkurang.
  4. Hati-hati dalam membeli dan menggunakan bahan makanan berkemasan, biasakan untuk selalu memeriksa waktu kadaluarsa produk sebelum membeli atau menggunakannya.
  5. Perhatikan kebutuhan pangan untuk keluarga berdasarkan umur dan jenis kelamin. Masing-masing umur dan jenis kelamin memiliki kebutuhan pangan yang berbeda. Intinya makanlah sesuai kebutuhan dan jangan berlebih-lebihan agar tidak menimbulkan masalah pada kesehatan. Sebagaiman porsi yang dapat ditampung perut adalah1/3 untuk makanan, 1/3 untuk minuman, dan 1/3 lagi untuk bernafas.

Baca juga:
Pilihan Makanan untuk Mencegah Cepat Lapar
Madu, Makanan Sehat Alami dan Serbaguna

Leave a Reply