Bagaimana “Kepo” Dipandang Oleh Islam

Bagaimana Islam Memandang Sikap Kepo? Apa sih kepo? Seperti yang kita ketahui bersama, kepo adalah sebuah sikap seseorang yang ingin selalu mengetahui hal-hal yang dilakukan oleh orang lain. Sebagai contoh : Kita ingin tahu kenapa sih si fulan berpisah dari istri nya. Jadi bagaimana sih ‘kepo’ dipandang oleh islam?

Ternyata Nabi Muhammad SAW telah menjelaskan hal ini sejak 14 abad yang lalu. Hal ini semakin membuktikan bahwa agama kita adalah agama yang sempurna.

Sebagaimana kita ketahui, Rasul mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yg baik. Menjadi seorang hamba yang memiliki sikap (akhlak) yang baik. Dan Rasul mengajarkan secarai detail apa saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan oleh seorang hamba. Salah satu nya fenomena kepo ini.

Ada hadist yang diriwayatkan HR Tirmidzi, dimana Rasul pernah berkata “diantara tanda – tanda kebaikan islam nya seseorang adalah dia meninggalkan sesuatu yang tidak baik bagi diri nya”. Apa maksudnya?

Maksudnya adalah seorang muslim yang berkualitas baik itu adalah seorang muslim yang tidak masuk pada perkara yang tidak baik pada diri mereka, baik itu untuk kehidupan dunia mereka apalagi untuk kehidupan akhirat mereka. Jadi seorang muslim haruslah fokus pada urusan / perkara yang membawa kebaikan untuk kehidupan dunia dan akhirat mereka.

Bahkan Allah berfirman dalam Surat Al Mu’minun di ayat yang ke – 3.
Disini Allah memberikan ciri-ciri orang yang beriman. Yaitu orang-orang yang meninggalkan perbuatan dan perkataan yang sia-sia. Jadi konsekuensi dari pengakuan kita sebagai seorang yang beriman adalah meninggalkan perbuatan dan perkataan yang tidak berguna.

Tidak mungkin orang yang beriman sibuk pada perbuatan dan perkataan yang tidak menambah pahala nya atau menggugurkan dosa-dosa nya. Inilah karakter iman yang sejati!.
Jadi jika kita mengaku muslim dan beriman, maka konsekuensi nya adalah kita harus melatih diri kita untuk tidak sibuk mengurusi kehidupan orang lain. Karena ini adalah perbuatan yang sia-sia.

Dan yang harus kita sadari juga ternyata itulah tanda Allah berpaling pada kita!! Next

Leave a Reply