Bagaimana Posisi Tidur Yang Sehat

Allah menciptakan siang untuk kita beraktifitas dan mencari rezki untuk kehidupan sehari-hari dan mencipakan malam untuk waktu istirahat. Setelah beraktifitas seharian di luar tentu tubuh kita harus mendapatkan haknya untuk istirahat. Dan kita sebagai pemilik tubuh ini harus menunaikan haknya hingga terjadi keseimbangan dalam kehidupan.

Tidur merupakan suatu kebutuhan manusia, suatu nikmat yang tak ternilai harganya. Namun sayang masih masih banyak yang belum memperhatikan bagaimana cara atau posisi tidur yang baik dan benar.

Dalam suatu penelitian ilmiah terbukti cara tidur yang sehat adalah menghadap ke sebelah kanan. Posisi tidur ini memberi banyak manfaat yang belum diketahui banyak orang.

Berikut manfaat tidur menghadap sebelah kanan menurut penjelasan medis :

1. Mengistirahatkan otak sebelah kiri
2. Mengurangi beban jantung
3. Mengistirahatkan lambung
4. Meningkatkan pengosongan kandung ampedu dan pankreas
5. Meningkatkan waktu penyerapan zat gizi
6. Merangsang buang air besar
7. Mengistirahatkan kaki kiri
8. Menjaga kesehatan paru-paru

Begitu banyak manfaat jika kita tidur dengan posisi yang benar, yaitu posisi menghadap ke sebelah kanan. Jangan salah ambil posisi tidur karena yang ada tidur kita bukannya mengistirahatkan tubuh tapi justru menimbulkan sakit pada tubuh kita, bahkan bisa menyebabkan sakit kepala.

Sebagai contoh jika kita tidur menghadap ke sebelah kiri ini dapat menghimpit posisi jantung sehingga sirkulasi darah terganggu dan pasokan darah ke otak berkurang.

Tidur tengkurang tidak baik untuk kesehaatan karena saat tidur pada posisi itu otot dada atau otot pernafasan tidak dapat mengembangkan dada dengan baik dan maksimal sehingga aliran oksigen menjadi lebih sedikit dan bisa berakibat sesak nafas. Begitu pula tidur dengan posisi telentang yang yang bisa tidak tidak baik untuk pernafasan. Dan Semua itu telah terbukti secara medis.

Untuk kita yang beragama islam, tidur menghadap sebelah kanan merupakan salah satu sunnah Rosullullah, sebagaimana dalam hadist dikatakan “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu (HR Al Bukhari).
Apapun yang menjadi sunah Rosul ternyata jika kita jalankan bukan hanya untuk kebaikan kita di akhirat karena menambah pahala tapi juga kebaikan di dunia, sebagaimana yang telah disebutkan diatas tentang banyaknya manfaat tidur menghadap sebelah kanan.

Karena itu jika kita peduli terhadap diri kita sendiri ubah posisi tidur kita sebagaimana sunnah rosul dan dunia medis menganjurkan. Jika penjelasan diatas kurang memuaskan, anda bisa membaca tips relaksasi sebelum tidur

 

Leave a Reply