Beberapa Cara Menghasilkan Uang Dengan Menulis

Mungkin banyak orang berpikir jika menjadi penulis ya seperti Andrea Hirata atau J.K. Rowling. Menulis buku adalah pencapaian tertinggi seorang penulis, ya pencapaian tertinggi tapi apakah mereka tetiba bisa menulis sebuah buku di tulisan pertamannya? Tentu tidak, karena waktu akan mematangkan tulisan mereka.

Sebelum menjadi penulis buku ada banyak cara menghasilkan uang dengan menulis dan bisa kita jadikan sebuah pekerjaan sampingan atau pekerjaan utama. Berikut beberapa ide untuk menghasilkan uang dengan menjadi penulis.

Kartu Ucapan
Dekati teman-teman dan tawarkan keahlian anda dalam menulis sebuah ucapan.

Ngeblog
Ngeblog menjadi hal yang lumrah hari ini, dari ngeblog banyak yang menjadi sukses seperti Pete Cashmore yang kaya raya dari mashable.com. Jika memang tidak mempunyai blog maka ngblog-lah untuk orang lain atau menjadi kontributor dan tentunya dengan bayaran.

Esai / Cerpen
Masih banyak media cetak baik koran atau majalah yang menerima esai juga cerita pendek yang akan membayar tulisan andayang layak untuk dipublikasikan.

Puisi
Rajin menuliskan puisi dan disimpan untuk diri sendiri, lakukan kurasi pada semua puisi anda, kelompokan sesuai tema, siapkan dalam bentuk soft copy dan pergi ke penerbit atau lakukan self publishing untuk puisi tersebut.

Tulisan Teknis
Membuatkan buku manual, panduan training, laporan perusahaan atau akademis sangat terbuka luas untuk anda nyebur kedalamnya.

Penterjemah
Banyak perusahaan asing yang mencari penterjemah lokal sebelum mereka memasarkan produk atau jasanya ke Indonesia. Rajin-rajin masuk forum atau web penyedia informasi tersebut. Bahkan ada juga buku asing yang siap anda terjemahkan kedalam bahasa Indonesia.

Kontes
Rajin ikuti kontes menulis, kontes menulis online dan offline banyak diselenggarakan dimana-mana dengan hadiah yang sangat menarik.

Penulis Naskah
Banyak film yang naskahnya bisa anda tulis, tapi jika film membutuhkan tenaga ekstra anda bisa mencoba menulis naskah untuk iklan di televisi atau radio.

Patungan Menulis
Sudah banyak buku yang terbit dipasaran bahkan menjadi best seller yang ditulis tidak hanya oleh satu orang melainkan ditulis oleh banyak orang. Masing-masing penulis meyumbangkan beberapa judul dalam buku tersebut.

Menulis Buku
Mulai dengan e-Book berseri anda akan bisa menjilidnya dan membawa ke percetakan untuk menerbitkannya secara independen atau langsung bawa ke penerbit besar.

Ghostwriter
Mengarang untuk orang lain mengapa tidak? Jika kehandalan dalam menulis sudah anda buktikan dengan portfolio yang sudah terbit maka jual diri anda kepada orang-orang terkenal yang ingin menulis buku tapi waktunya terbatas.

Mengajar
Jika kehandalan anda dalam menulis sudah terbukti, sudah saatnya anda berbagi memberi arahan dan teknik dengan para pemula yang ingin terjun ke dunia menulis.

Mulailah menulis sekarang juga dan ingat seiring berjalannya waktu tulisan kita akan matang dengan sendirinya.

Penulis : @cukuskumir

Editor : Andria Nur Wahyu

Leave a Reply